BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Tunggu, Mas

Beda antara Jokowi dan Prabowo dalam membaca hasil “hitungan-cepat” Pemilihan Presiden 2019: Jokowi, yang dinyatakan menang, tidak menyerukan kemenangan — berbeda dengan lazimnya pemenang dalam pilpres di luar negeri. Ia mengimbau semua untuk sabar menanti keputusan resmi dari sang wasit.

Sebaliknya Prabowo. Dengan cepat, entah berdasarkan data dari mana, menyatakan diri menang. Ia tak mau menunggu. Ia hanya mempercayai informasi yang dikukuhkan sumbernya sendiri..

Di tahun 2014 ia melakukan hal yang sama. Ia, di depan kamera televisi, bersujud mencium tanah, mensyukuri “kemenangan” yang sebenarnya palsu — dan banyak orang tahu itu palsu.

Terbukti kemudian klaim kemenangannya ditolak Mahkamah Konstitusi. 

Saya tak paham, mengapa hal yang sama sekarang ia ulangi: tidak sabar — seakan-akan ia takut akan kehilangan sebuah fantasi yang indah tapi sebentar. 

Ada yang mengatakan, itu perangai yang aneh. Ada yang mengatakan, itu tanda tak adanya sportivitas dalam diri Prabowo — menerima kemenangan dan kekalahan dalam bertanding dengan tenang, karena mengikuti aturan wasit yang sudah disepakati bersama. Ada yang mengatakan itu hanya taktik. 

Wallahu alam...

Catatan: Tulisan ini semula muncul di akun halaman Facebook Goenawan Mohamad, Kamis, 18 April 2019. (ade) 

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Stabilitas Sangat Berdampak Pada Ekonomi             Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan