BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya
Trotoar untuk Pejalan Kaki

Untuk lebih lanjut nanti silahkan ditanyakan kepada Pemprov DKI Jakarta langsung. Tapi yang jelas fungsi trotoar dan jalan raya itu diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Misalnya trotoar itu diperuntukan bagi pejalan kaki atau pedestarian.

Untuk masalah Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi PKL berjualan di trotoar, nanti bisa dikonfirmasi kepada yang bersangkutan. Kami dari kepolisian melakukan penindakan jika itu melanggar UU yang berlaku. Dilihat dulu itu berkaitannya dengan peraturan yang mana.

Nah, kalau soal memfasilitasi PKL untuk berjualan, itu menjadi ranahnya Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) atau Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Karena itu berkaitan dengan Perda DKI, maka PPNS DKI sebagai ujung tombak pelaksana perda lah yang akan menindak. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Karyono Wibowo

Pengamat Politik. Peneliti di Indo Survey & Strategy. Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI)

FOLLOW US

Kapan Merdeka dari KUHP Peninggalan Belanda?             Bangsa Parasit             Tinjau Kembali Politik Pangan             Semantik Munafik Lunatik Kembali Otentik              Indonesia Kehilangan Arah dan Tujuan             74 Tahun RI: Kedaulatan Sebagai Slogan Politik              Perlu Mekanisme Seleksi Khusus             Ketahanan Pangan Indonesia Masih Rapuh             Persoalan Ada Pada Tingkat Konsumsi             Kedaulatan Pangan Didukung Pola Makan dan Perilaku Konsumsi Pangan