BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Tol itu Milik Rakyat dan Negara!

Di dunia ini tidak ada jalan tol atau bebas hambatan yang pemakainya harus membayar terus-menerus tanpa henti, selain di Indonesia. Juga tidak ada jalan tol di dalam kota.

Di negara mana pun di dunia, semua jalan termasuk bebas hambatan (freeway), dibangun negara dengan uang pajak dari rakyat. Seluruh rakyat bebas memakainya. Karena itu, tidak ada Jalan Tol Soeharto, Habibie, dan lain-lain, tapi semua milik negara dan rakyat. Hanya di Indonesia, jalan bebas hambatan dijadikan bisnis, dan pemakainya wajib bayar toll fee tanpa henti. 

Kalau Pemerintah tidak punya dana untuk membangun, mestinya bisa menerbitkan Obligasi Negara khusus untuk freeway, menjualnya kepada masyarakat, dan pemegang obligasi mendapatkan bunga premi, dan pada akhir masa utang pokok bisa dibayarkan kembali.

Para pengusaha dari etnis tertentu pintar memanfaatkan kesempatan. Mereka membangun Kota BSD, Meikarta dan lain-lain. Lalu Pemerintah digosok dan disogok agar membangun jalan aksesnya, dan rakyat banyak diwajibkan bayar! (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Melibatkan Institusi Polri dalam Politik Birokrasi Sangat Berbahaya             IPW Tak Yakin Syafruddin Bisa Selesaikan Masalah Birokrasi Di Indonesia             Susahnya Wujudkan Birokrasi yang Profesional dan Netral             Implementasi Ekonomi Kerakyatan, Berharap Kepada BPIP             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-1)             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-2)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-1)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-2)             Jadikan Asian Games 2018 Titik Awal Merubah Kebiasaan Buruk             Pendidikan Budi Pekerti Sangat Penting!