BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas
Tindakan Sudrajat-Syaikhu Jelas Pelanggaran Kampanye

Tindakan pasangan Sudrajat-Syaikhu yang memamerkan kaos ganti presiden di ruang debat Pilkada Jabar terang sebagai pelanggaran kampanye. Karena tindakannya tidak terdapat korelasi dengan visi dan misi kampanye yang didaftarkan ke KPU Jabar.

Kampanye negatif semacam itu berpotensi mendapat sanksi pidana sebagaimana diatur dakam UU  Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota (Pilkada).

Oleh karenanya, penyelenggara pemilu harus memberikan sanksi kepada pasangan Sudrajat-Syaikhu, setidaknya bersifat administratif. Misalnya, mengurangi jatah kampanye untuk umum. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Melibatkan Institusi Polri dalam Politik Birokrasi Sangat Berbahaya             IPW Tak Yakin Syafruddin Bisa Selesaikan Masalah Birokrasi Di Indonesia             Susahnya Wujudkan Birokrasi yang Profesional dan Netral             Implementasi Ekonomi Kerakyatan, Berharap Kepada BPIP             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-1)             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-2)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-1)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-2)             Jadikan Asian Games 2018 Titik Awal Merubah Kebiasaan Buruk             Pendidikan Budi Pekerti Sangat Penting!