BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas
Tindakan Sudrajat-Syaikhu Jelas Pelanggaran Kampanye

Tindakan pasangan Sudrajat-Syaikhu yang memamerkan kaos ganti presiden di ruang debat Pilkada Jabar terang sebagai pelanggaran kampanye. Karena tindakannya tidak terdapat korelasi dengan visi dan misi kampanye yang didaftarkan ke KPU Jabar.

Kampanye negatif semacam itu berpotensi mendapat sanksi pidana sebagaimana diatur dakam UU  Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota (Pilkada).

Oleh karenanya, penyelenggara pemilu harus memberikan sanksi kepada pasangan Sudrajat-Syaikhu, setidaknya bersifat administratif. Misalnya, mengurangi jatah kampanye untuk umum. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Bambang Budiono MS

Pengajar Antropologi Politik Fisip Unair

FOLLOW US

Daerah Perbatasan Harus Outward Looking             Abu Bakar Ba’asyir Digoreng dalam Bungkus Politik             Pemerintah Belum Bisa Disalahkan             Pemerintah Seharusnya Tidak Perlu Terburu-buru             Kapasitas Sumber Daya Lokal yang Menjadi Hambatan             Konglomerasi Media dan Pilpres             Kuatnya Arus Golput: Intropeksi Bagi Parpol             Golput Bagian dari Dinamika Politik             Parpol ke Arah Oligharkhis atau Perubahan?             Melawan Pembajak Demokrasi