BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lembaga Emrus Corner
Tidak Ada Kedewasaan Politik dari Kedua Kubu

Saya menilai aksi saling balas antar relawan pendukung pak Jokowi yang memasang spanduk ‘Jalan Tol Jokowi’ dengan membunyikan klakson sebanyak tiga kali oleh pendukung #2019GantiPresiden selama mudik lebaran, tak subtansial. 

Menurut saya aksi tersebut menunjukkan  fanatisme dari relawan pada level emosi yang hanya menimbulkan polarisasi di kelompok masyarakat. Polarisasi antara pendukung calon presiden yang sedang berkuasa, dengan calon presiden lainnya atau presiden alternantif. 

Selain itu saya melihat aksi yang dilakukan ini tidak mencerminkan kedewasaan mereka dalam berpolitik. Riak-riak yang ditunjukan oleh kedua kubu tidak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Oleh karena itu saya menghimbau kepada para elite politik atau tokoh politik kita yang ada di sana untuk bisa mengendalikan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh para relawan masing-masing. Baik relawan yang berafiliasi dengan kelompok politik tertentu atau partai politik, maupun relawan yang berdiri secara independen. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Nyoman Sudarsa

Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

FOLLOW US

Pengumpulan Zakat Akan Meningkat Signifikan             E-Commerce Hanya Sebagai Channel of Fund             Zakat Online Sah             Mengatasi Petasan: Solusi Tanpa Menimbulkan Masalah Baru              Bukan Sekadar Melarang Petasan, Tapi Harus Ada Solusi              Petasan Terancam Hilang             H.M. Amien Rais dan Hasrat Berkuasa yang Tak Pernah Pudar             Sikapi Secara Sederhana              Minta-minta (Setengah Memaksa) Budaya Kemiskinan             Oposisi Yang Melemah