BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Komunikasi Politik Nasional & Direktur Eksekutif Lembaga Emrus Corner
Tidak Ada Kedewasaan Politik dari Kedua Kubu

Saya menilai aksi saling balas antar relawan pendukung pak Jokowi yang memasang spanduk ‘Jalan Tol Jokowi’ dengan membunyikan klakson sebanyak tiga kali oleh pendukung #2019GantiPresiden selama mudik lebaran, tak subtansial. 

Menurut saya aksi tersebut menunjukkan  fanatisme dari relawan pada level emosi yang hanya menimbulkan polarisasi di kelompok masyarakat. Polarisasi antara pendukung calon presiden yang sedang berkuasa, dengan calon presiden lainnya atau presiden alternantif. 

Selain itu saya melihat aksi yang dilakukan ini tidak mencerminkan kedewasaan mereka dalam berpolitik. Riak-riak yang ditunjukan oleh kedua kubu tidak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Oleh karena itu saya menghimbau kepada para elite politik atau tokoh politik kita yang ada di sana untuk bisa mengendalikan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh para relawan masing-masing. Baik relawan yang berafiliasi dengan kelompok politik tertentu atau partai politik, maupun relawan yang berdiri secara independen. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Bambang Budiono MS

Pengajar Antropologi Politik Fisip Unair

FOLLOW US

Daerah Perbatasan Harus Outward Looking             Abu Bakar Ba’asyir Digoreng dalam Bungkus Politik             Pemerintah Belum Bisa Disalahkan             Pemerintah Seharusnya Tidak Perlu Terburu-buru             Kapasitas Sumber Daya Lokal yang Menjadi Hambatan             Konglomerasi Media dan Pilpres             Kuatnya Arus Golput: Intropeksi Bagi Parpol             Golput Bagian dari Dinamika Politik             Parpol ke Arah Oligharkhis atau Perubahan?             Melawan Pembajak Demokrasi