BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lembaga Emrus Corner
Tidak Ada Kedewasaan Politik dari Kedua Kubu

Saya menilai aksi saling balas antar relawan pendukung pak Jokowi yang memasang spanduk ‘Jalan Tol Jokowi’ dengan membunyikan klakson sebanyak tiga kali oleh pendukung #2019GantiPresiden selama mudik lebaran, tak subtansial. 

Menurut saya aksi tersebut menunjukkan  fanatisme dari relawan pada level emosi yang hanya menimbulkan polarisasi di kelompok masyarakat. Polarisasi antara pendukung calon presiden yang sedang berkuasa, dengan calon presiden lainnya atau presiden alternantif. 

Selain itu saya melihat aksi yang dilakukan ini tidak mencerminkan kedewasaan mereka dalam berpolitik. Riak-riak yang ditunjukan oleh kedua kubu tidak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Oleh karena itu saya menghimbau kepada para elite politik atau tokoh politik kita yang ada di sana untuk bisa mengendalikan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh para relawan masing-masing. Baik relawan yang berafiliasi dengan kelompok politik tertentu atau partai politik, maupun relawan yang berdiri secara independen. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Melibatkan Institusi Polri dalam Politik Birokrasi Sangat Berbahaya             IPW Tak Yakin Syafruddin Bisa Selesaikan Masalah Birokrasi Di Indonesia             Susahnya Wujudkan Birokrasi yang Profesional dan Netral             Implementasi Ekonomi Kerakyatan, Berharap Kepada BPIP             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-1)             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-2)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-1)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-2)             Jadikan Asian Games 2018 Titik Awal Merubah Kebiasaan Buruk             Pendidikan Budi Pekerti Sangat Penting!