BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pemerhati Sosial, Spasial & Lingkungan
Teroris Bukanlah Representasi Agama Manapun

Tidak ada agama mana pun yang mengajarkan aksi teror yang justru mengganggu kenyamanan dan keamanan warga. Maka dari itu, aksi teror sudah saatnya tidak disangkutpautkan dengan istilah agama, dalam hal ini kata 'jihad' (walaupun bertanda kutip). Karena makna jihad sesungguhnya tidaklah demikian. Kalau memang mau berperang, pergilah ke lokasi yang sedang terjadi peperangan. Jangan malah mati konyol di lokasi yang seharusnya kenyamanan dan keamanan terjamin. 

Aksi teror yang dilakukan dengan mengatasnamakan agama, pengembaraan belajar agamanya kurang 'jauh'. Jangan mau dibodohi oleh pihak yang mau memecah belah, khususnya di NKRI ini.

Tugas kita bersama untuk menumpas kelompok teror sampai ke akar-akarnya. Sebagai warga, sudah seyogyanya saling mengenal, berbagi, dan saling mengingatkan di lingkungan tempat tinggal. Jangan lagi ada fenomena tidak mengenal tetangga. Kerukunan dan kedekatan dalam lingkungan sosial di lingkup tetangga diharapkan dapat terjaga dari paham-paham yang telah dibelokan. Begitu pula kondisi ekonomi masyarakat yang harus diperhatikan karena keterpurukan perekonomian dapat menjadi salah satu faktor pemicu kejahatan ini. 

Dengan demikian, tiga faktor berikut yang perlu diperbaiki: Tingkatkan keimanan kepada Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, benahi akhlak dan perilaku terhadap sesama manusia, serta perekonomian warga harus diperkuat sehingga paham yang menyimpang akan sulit menembus jika ketiga faktor tersebut telah kokoh. (cmk)                               

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan