BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pemerhati Sosial, Spasial & Lingkungan
Teroris Bukanlah Representasi Agama Manapun

Tidak ada agama mana pun yang mengajarkan aksi teror yang justru mengganggu kenyamanan dan keamanan warga. Maka dari itu, aksi teror sudah saatnya tidak disangkutpautkan dengan istilah agama, dalam hal ini kata 'jihad' (walaupun bertanda kutip). Karena makna jihad sesungguhnya tidaklah demikian. Kalau memang mau berperang, pergilah ke lokasi yang sedang terjadi peperangan. Jangan malah mati konyol di lokasi yang seharusnya kenyamanan dan keamanan terjamin. 

Aksi teror yang dilakukan dengan mengatasnamakan agama, pengembaraan belajar agamanya kurang 'jauh'. Jangan mau dibodohi oleh pihak yang mau memecah belah, khususnya di NKRI ini.

Tugas kita bersama untuk menumpas kelompok teror sampai ke akar-akarnya. Sebagai warga, sudah seyogyanya saling mengenal, berbagi, dan saling mengingatkan di lingkungan tempat tinggal. Jangan lagi ada fenomena tidak mengenal tetangga. Kerukunan dan kedekatan dalam lingkungan sosial di lingkup tetangga diharapkan dapat terjaga dari paham-paham yang telah dibelokan. Begitu pula kondisi ekonomi masyarakat yang harus diperhatikan karena keterpurukan perekonomian dapat menjadi salah satu faktor pemicu kejahatan ini. 

Dengan demikian, tiga faktor berikut yang perlu diperbaiki: Tingkatkan keimanan kepada Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, benahi akhlak dan perilaku terhadap sesama manusia, serta perekonomian warga harus diperkuat sehingga paham yang menyimpang akan sulit menembus jika ketiga faktor tersebut telah kokoh. (cmk)                               

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)