BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Soedirman
Terletak Pada Pemilihan Strategi SDM

Masalahnya bukan pada angka persentase angkatan kerja yang berpendidikan tinggi saja, tetapi juga pada ada tidaknya link and macth antara pendidikan tinggi dengan dunia kerja. Link and Match yang merupakan konsep keterkaitan dan kesepadanan antara dunia pendidikan dan dunia kerja, perlu dikembangkan dan dihidupkan lagi. Dengan memfungsikan konsep tersebut dalam program pembinaan SDM nasional, diyakini bisa menurunkan tingkat pengangguran lulusan perguruan tinggi yang makin bertambah.

Yang lebih penting bagi pertumbuhan ekonomi adalah angka persentase lulusan pendidikan tinggi yang mampu menciptakan lapangan kerja. Disitulah pentingnya program-program vocational yang turut meningkatkan keterampilan lulusan pendidikan tinggi, bahkan lulusan pendidikan sekolah menengah.

Posisi Indonesia ke depan tidak hanya tergantung kepada program-program peningkatan ketrampilan dan pendidikan saja tetapi juga tergantung kepada kondisi perkembangan negara lain, atau kawasan regional suatu wilayah antar negara. Jika laju pertumbuhan di Indonesia tidak sama atau bahkan dibawah negara-negara lain, maka kondisi Indonesia akan tetap sama seperti sekarang. (Pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF