BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik Universitas Tadulako (Untad)
Tangkap Penghuni Rumah Jika Salah, Jangan Hancurkan Rumahnya

Menurut saya FPI jangan diberangus. Biarkan dia hidup. Akan tetapi terhadap tokohnya jika berbuat di luar nalar hukum, menentang hukum, mereka harus bertanggung jawab. Mereka harus berhadapan dengan aparat hukum.

Jika FPI diberangus bersama dengan organisasi lainnya yang berbeda dengan pemerintah, akan menjadi pintu masuk bagi mereka (pembenci Jokowi) untuk mendiskreditkan dan memojokkan Jokowi. Biarkan organisasi mereka hidup. Akan tetapi begitu mereka berbuat salah, tangkap. Jika ini bisa dilakukan, Jokowi benar-benar menegakkan demokrasi.

Selain PKI dan organisasi  underbownya, Hisbuttahahrir dan semacamnya, dan organisasi teroris yang mungkin ada, jangan lagi ada ormas yang dibreidel. Akan tetapi jika tokoh organisasi berbuat melanggar hukum, mereka harus bertanggung jawab di depan hukum. UU kita cukup banyak dan mumpuni menjerat mereka. (mkn)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Karyono Wibowo

Pengamat Politik. Peneliti di Indo Survey & Strategy. Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI)

FOLLOW US

Kapan Merdeka dari KUHP Peninggalan Belanda?             Bangsa Parasit             Tinjau Kembali Politik Pangan             Semantik Munafik Lunatik Kembali Otentik              Indonesia Kehilangan Arah dan Tujuan             74 Tahun RI: Kedaulatan Sebagai Slogan Politik              Perlu Mekanisme Seleksi Khusus             Ketahanan Pangan Indonesia Masih Rapuh             Persoalan Ada Pada Tingkat Konsumsi             Kedaulatan Pangan Didukung Pola Makan dan Perilaku Konsumsi Pangan