BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Guru Besar Antropologi UI, mantan Ketua Umum Partai Demokrat
Tanamkan Kejujuran dan Tanggungjawab Sebagai Legislator

Sudah banyak yang mengulas dan saya pun heran mengapa DPR sangat bernafsu melindungi diri dari sasaran kritik serta pengawasan

Apapun argumentasi yang dikemukakan, untuk memperkuat kedudukan dan peranan DPR diperlukan kejujuran. Sayangnya kebiasaan dan suasana telah membuat orang tertipu dengan kebiasaan tidak jujur atau manipulatif yang dilakukan sendiri, dan mengira orang lain juga tertipu seperti dirinya. Karena itulah perlunya revolusi mental untuk membasmi pikiran manipulatif yang diyakini sebagai kebenaran dalam berpolitik dewasa ini.

Sebagai warganegara yang sadar akan arti pentingnya berbangsa dan bernegara untuk mempertahankan kedaulatan bangsa dan keutuhan NKRI, seharusnya sebagai wakil rakyat berpikir lapang dalam melaksanakan misinya. Dahulukan tugas dan fungsi utamanya bagi kepentingan rakyat yang diwakilinya, dan bukannya justru mendahulukan kepentingan lembaga dan nasibnya.

Kalau dipikir baik-baik, kekuasaan dan wewenang yang dimiliki sudah jauh lebih besar dari apa yang dimiliki pada masa Orde Baru. Peluang untuk memperbesar pengaruh di pusat sampai daerah pun sangat besar, dan ditopang dengan anggaran negara. Tuntutan untuk menghindar dari hukum dengan berbagai perizinan dalam urusan kriminal lewat MKD hanya menambah lika-liku birokrasi penanganan tindak penyimpangan.

Satu-satunya jalan adalah tanamkan kejujuran dan tanggung jawab sebagai legislator, dan jangan dibebani dengan berbagai tugas lain, yang membuka peluang penyimpangan dan tidak fokus terhadap tugas dan tanggung jawabnya. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF