BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen STAIN Bengkalis
THR di Pusaran Politik

Saya tidak membahas tentang legalitas yang dilakukan pemerintah. Pro dan kontra sama-sama mempunyai pijakan hukumnya. Ini mungkin sangat menarik apabila dilihat dari sisi politik.

Administrasi pemerintah sebenarnya mempunyai kepentingan politik yang bertujuan untuk kemaslahatan bangsa. Sehingga hal yang wajar apabila regulasi menjadi bagian suatu kepentingan suatu kelompok tertentu, yang punya niat selain untuk kelompok, juga masyarakat lebih luas.

Contoh kasus Bank Century pada zaman SBY. Secara administrasi, peraturan tersebut tiddk masalah. Bahkan mempunyai semangat positif untuk menyelamatkan per-bank-kan dari dampak krisis moneter.
Namun dari sisi ydmg lain,ada potensi merugikan para nasabah. Dari sini kemudian persoalan muncul. Maka kita bisa melihat, bahwa persoalan Bank Century selalu muncul dan tenggelam saat ada kepentingan politik.

Persoalan THR, sebenarnya sudut pandang berbeda dalam memahami administrasi pemerintahan. Pada saat tidak mencapai titik temu, maka persoalan terus menjadi konsumsi politik. Dan kekuatan pemerintah menjadi penentu, apakah THR menjadi kebijakan yang menguntungkan pemerinta atau justru sebaliknya. (cmk)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional