BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Fraksi Hanura DPR-RI
Suka Suka Ganti Dirut Pertamina

Alasan Kementerian BUMN tentang pencopotan Massa Manik dari jabatannya sebagai Direktur Utama Pertamina, yakni karena sering terjadi masalah kelangkaan BBM dan LPG, sangat tidak berdasar. Karena kelangkaan premium lebih disebabkan oleh naiknya harga minyak dunia secara signifikan, yang menyebabkan naiknya juga harga MOPS RON 92 yang menjadi basis harga impor bensin premium. Sedangkan naiknya harga gas LPG lebih disebabkan oleh kuota subsidi yang tidak mencukupi.

Pencopotan Massa Manik lebih disebabkan oleh like and dislike Menteri BUMN, Rini Soemarno, kepada Massa Manik yang dia nilai tidak patuh dan nurut kepada kehendak menteri untuk mengubah nomenklatur direktorat di Pertamina yang tidak melibatkan jajaran direksi Pertamina. Serta perubahan nomenklatur tersebut tidak melalui kajian yang sebagaimana mestinya.

Persoalan like and dislike ini pun terjadi ketika Dwi Soetjipto masih menjabat sebagai Dirut Pertamina, dimana ketika itu Dwi dicurigai oleh Rini sedang berupaya merebut posisi Rini Soemarno.

Mencuatnya rekaman pembicaraan antara Rini dan Sofyan Basir tentang BSM telah menimbulkan dugaan bahwa salah satu alasan diberhentikannya Massa Manik akibat tindakannya membekukan proyek BSM tersebut. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan