BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia
Semua Harus Menahan Diri

Sejatinya semua harus bisa menahan diri. Demonstran harus menahan diri. Polisi harus menahan diri. Elite juga harus menahan diri. Jangan memperkeruh suasana. Jangan memprovokasi. Dan jangan bertindak barbar. 

Polisi juga harus bertindak profesional dalam menangani para demonstran. Tak boleh menggunakan cara-cara represif. Dan demonstran pun jangan memancing-mancing keributan. Polisi harus berdasarkan SOP dalam menangani para demonstran. Dan dengan pendekatan humanis. 

Yang pasti mereka yang melakukan demonstrasi memiliki korlap dan ada mobil komando juga untuk mengatur irama demo. Jika Prabowo belum bisa meredakan aksi massa, bisa saja karena para demonstran tidak mengikuti arahan Prabowo. 

Sebagai presiden, Jokowi harus tegas dan jelas dalam menyampaikan pernyataan. Jika memang ada yang ingin mengganggu keamanan negara. Dia bisa memerintahkan Kapolri untuk menindak siapapun yang dianggap dan terbukti akan mengganggu keamanan negara. 

Namun pemerintah dan pihak kepolisian harus hati-hati dalam menindak siapa yang mengancam keamanan negara. Dan siapa yang hanya menjadi perusuh dalam demonstrasi. Tak boleh dipukul rata. Harus adil dalam menegakan hukum. 

Meredam kerusuhan pasca pengumuman hasil pilpres ini tidak bisa hanya sekadar dengan pernyataan. Tapi Jokowi dan Prabowo harus bertemu. Harus melakukan rekonsiliasi. Dan juga harus melakukan konsensus nasional. (mry)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

Massa Ke MK, Untuk Apa?

0 OPINI | 13 June 2019

Bangsa Xenophobia

13 June 2019

Bahasa Daerah, Merana Nasibmu

2 OPINI | 14 June 2019

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Insentif Pajak, Daya Tarik Sistem Pajak yang Paling Rasional             Menengok dan Menyiapkan SDM di Era Revolusi Industri 4.0             Polri Telah Berupaya Transparan Ungkap Rusuh 21-22 Mei             Possible and Impossible Tetap Ada             Ungkap Rusuh 21-22 Mei Secara Terang dan Adil             Banyak Masalah yang Harus Diselesaikan             Pilihan Cerdas Jadi Oposisi             Tergilas oleh Budaya Global             Penghambaan terhadap Simbol Dunia Barat             Tak Cukup Imbauan