BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia
Semua Harus Menahan Diri

Sejatinya semua harus bisa menahan diri. Demonstran harus menahan diri. Polisi harus menahan diri. Elite juga harus menahan diri. Jangan memperkeruh suasana. Jangan memprovokasi. Dan jangan bertindak barbar. 

Polisi juga harus bertindak profesional dalam menangani para demonstran. Tak boleh menggunakan cara-cara represif. Dan demonstran pun jangan memancing-mancing keributan. Polisi harus berdasarkan SOP dalam menangani para demonstran. Dan dengan pendekatan humanis. 

Yang pasti mereka yang melakukan demonstrasi memiliki korlap dan ada mobil komando juga untuk mengatur irama demo. Jika Prabowo belum bisa meredakan aksi massa, bisa saja karena para demonstran tidak mengikuti arahan Prabowo. 

Sebagai presiden, Jokowi harus tegas dan jelas dalam menyampaikan pernyataan. Jika memang ada yang ingin mengganggu keamanan negara. Dia bisa memerintahkan Kapolri untuk menindak siapapun yang dianggap dan terbukti akan mengganggu keamanan negara. 

Namun pemerintah dan pihak kepolisian harus hati-hati dalam menindak siapa yang mengancam keamanan negara. Dan siapa yang hanya menjadi perusuh dalam demonstrasi. Tak boleh dipukul rata. Harus adil dalam menegakan hukum. 

Meredam kerusuhan pasca pengumuman hasil pilpres ini tidak bisa hanya sekadar dengan pernyataan. Tapi Jokowi dan Prabowo harus bertemu. Harus melakukan rekonsiliasi. Dan juga harus melakukan konsensus nasional. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar