BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Institute for Development of Economics & Finance (INDEF)
Selesaikan Dulu Kendala Kepastian Hukum, Perizinan dan Pembebasan Lahan

Insentif fiskal, baik tax allowance maupun tax holiday baru bisa dinikmati ketika investasinya jalan. Sementara kendala dan kesulitan investor adalah sebelum memulai usaha. Sekalipun EoDB (Ease of Doing Business) membaik, tapi berbagai kendala perizinan, pembebasan lahan dan kepastian hukum/regulasi masih banyak terjadi di berbagai daerah. Termasuk pemenuhan kebutuhan infrastruktur, terutama energi dan logistik yang efisien.

Tax amnesty jelas gagal, upaya repatriasi tidak berhasil. Para pengusaha yang ikut tax amnesty juga pada 'nyesel', seperti dijebak menjadi objek pajak, seperti berburu di kebun binatang.

Persoalan rendahnya tax ratio lebih pada perbaikan data dan administrasi perpajakan, asas keadilan, dan law of enforcement.

Banyak Wajib Pajak besar sangat mudah melakukan penghindaran pajak. Sementara pengusaha yang patuh justru semakin mendapatkan beban pajak yang tinggi. Ini yang menjadi disinsentif investasi. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan