BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Soedirman
Segera Ubah Pola Bisnis Koperasi

Di era e-commerce koperasi di Indonesia dapat mempunyai daya saing selama koperasi mampu merubah pola bisnisnya dari owning system (sistem kepemilikan) menjadi sharing system (sistem pembagian). 

Dengan menggunakan sharing system koperasi tidak harus berinvestasi yang tinggi dan menanggung biaya penyusutan yang besar. Kendala yang dihadapi koperasi untuk mengembangkan sharing system adalah keterbatasan sumber daya manusia.

Kebanyakan koperasi dikelola oleh orang-orang tua dengan tingkat literasi teknologi komunikasi dan informasi yang rendah dan merangkap jabatan ditempat lain sehingga tidak fokus dalam mengembangkan usaha. Untuk mengembangkan koperasi di era milenial ini koperasi harus dipegang oleh generasi milenial yang memiliki literasi teknologi komunikasi dan informasi yang tinggi agar dapat menjalankan model bisnis sharing system.

Jika koperasi tidak segera merubah model bisnisnya maka koperasi akan semakin tertinggal jauh dari badan usaha lainnya.(pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir