BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Soedirman
Segera Ubah Pola Bisnis Koperasi

Di era e-commerce koperasi di Indonesia dapat mempunyai daya saing selama koperasi mampu merubah pola bisnisnya dari owning system (sistem kepemilikan) menjadi sharing system (sistem pembagian). 

Dengan menggunakan sharing system koperasi tidak harus berinvestasi yang tinggi dan menanggung biaya penyusutan yang besar. Kendala yang dihadapi koperasi untuk mengembangkan sharing system adalah keterbatasan sumber daya manusia.

Kebanyakan koperasi dikelola oleh orang-orang tua dengan tingkat literasi teknologi komunikasi dan informasi yang rendah dan merangkap jabatan ditempat lain sehingga tidak fokus dalam mengembangkan usaha. Untuk mengembangkan koperasi di era milenial ini koperasi harus dipegang oleh generasi milenial yang memiliki literasi teknologi komunikasi dan informasi yang tinggi agar dapat menjalankan model bisnis sharing system.

Jika koperasi tidak segera merubah model bisnisnya maka koperasi akan semakin tertinggal jauh dari badan usaha lainnya.(pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Rekonsiliasi Politik di Level Elit Diharapkan Terjadi di Level Sosial.              Tak Ada yang Salah dengan Pertemuan Jokowi Prabowo             Perhatikan Lag antara Demand Side dan Regulasi dari Sisi Supply Side             Tantangan yang Harus Dihadapi Masih Besar             Kemiskinan Makin Sedikit, Sulit Dikurangi             Bansos Tak Efektif Kurangi Kemiskinan             UNHCR Harus Keluar             Pembangunan Negara Hukum Harus Jadi Agenda Prioritas             ‘Visi Indonesia’ Tidak Prioritaskan Pembangunan Hukum dan HAM             Perlu Pertimbangan Agar yang Dikurung Memang Pantas Dikurung