BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)
Segera Turunkan ICOR 6,4 ke 2,3

Indonesia salah kaprah dalam berdemokrasi. Maka meski kita sok takabur bahwa RI itu tidak kenal oposisi karena gotong royong, ternyata malah liberal. Lu..lu, gue..gue. Tidak ada semangat Indonesia Inc. antara birokrat bisnis dan NGO. Antara incumbent dan lawan politik. Antara eksekutif vs legistatif vs yudikatif. Trias politica yang saling jegal. Industri tidak sepenuhnya di proteksi dan malah over proteksi, manja tidak bisa naik kelas meski RI 20 tahun lebih dulu membangun industri pada 1967. Maka China menyalip RI dalam satu dasawarsa dan melejit dalam satu generasi. Kita terus berdebat retorika normatif munafik secara asyik seperti menikmati zanac, obat anti rasa sakit.

Masalah utama adalah turunkan ICOR 6,4 ke 2,3 agar daya saing Indonesia Iebih meningkat setara negara pesaing. Obstruksi lawan politik lebih destruktif dari oposisi terang-terangan di Barat yang ksatria. Demi Europe Inc., Germany Inc., Japan Inc., Korea Inc.

Kita masih sibuk KMP vs yang lain padahal semua cuma ingin menikmati enjoy elite position mengatasnamakan rakyat yang di-bully dengan isu agama dan emosional primordial. 

Akhirnya kinerja kita merosot secara all in, semua terpuruk termasuk dalam olahraga dan HDI serta dalam ekspor dan GDP per kapita. Asyik slogan normatif yang kerja cuma satu presiden dikitari oportunis dan oposisi yang berlagak koalisi kabinet. Capek memikirkan slogan munafik yang merajalela tanpa real delivery dari elite RI sekarang ini terutama "oposisi" tersembunyi. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan