BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Sosial
Saham atau Bagi Hasil; apa yang Didapat dari Transaksi Freeport?

Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan terkait penandatanganan kesepakatan awal (Head of Agreement) antara pemerintah dan Freeport-McMoRan yang sempat heboh. Pertama, transaksi yang dilakukan harus dibuka secara detail dan perjanjian harus dipublish, karena masalah ini jadi perhatian masyarakat. Selain itu, para pihak yang terikat dalam perjanjian harus terang, termasuk tim negosiator. Kedua, sumber dana harus dibuka, karena ini melibatkan uang yang besar, apalagi ini sudah masuk dalam rencana kerja yang sudah disetujui? Apakah ini dari pinjaman yang diperoleh Inalum? Lalu, dari mana asal pinjaman? Berapa bunganya? Bagaimana cara bayarnya? Apa jaminannya?

Ketiga, harus dipastikan apakah Inalum dapat share, atau hanya participating interest? Tolak ukur perhitungannya apa? Apakah dana pembelian 3.5 miliar dolar AS masuk ke manajemen Freeport atau ke pemegang saham lama yang sahamnya dilepas kepada Inalum?

Ini semua pertanyaan teknis, mudah dijawab oleh Akuntan perusahaan. Semoga terbuka dan transparan!!! (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Rekonsiliasi Politik di Level Elit Diharapkan Terjadi di Level Sosial.              Tak Ada yang Salah dengan Pertemuan Jokowi Prabowo             Perhatikan Lag antara Demand Side dan Regulasi dari Sisi Supply Side             Tantangan yang Harus Dihadapi Masih Besar             Kemiskinan Makin Sedikit, Sulit Dikurangi             Bansos Tak Efektif Kurangi Kemiskinan             UNHCR Harus Keluar             Pembangunan Negara Hukum Harus Jadi Agenda Prioritas             ‘Visi Indonesia’ Tidak Prioritaskan Pembangunan Hukum dan HAM             Perlu Pertimbangan Agar yang Dikurung Memang Pantas Dikurung