BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia
Saatnya Membenahi Parpol

Sebagai titik awal membangun sistem integritas parpol, inisiatif KPK patut disambut dengan baik. Penandatanganan secara terbuka komitmen penerapan Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) juga akan menjadi awal yang baik sepanjang diikuti dengan upaya pemantauan pelaksanaannya oleh KPK. 

Yang perlu diingat, SIPP ini adalah upaya pencegahan korupsi. Dia akan efektif jika dibarengi dengan upaya pencegahan lain dan upaya penindakan yang intensif. Upaya pencegahan korupsi lain yang perlu dilakukan dalam waktu dekat adalah mengajak masyarakat untuk tidak memilih kader partai mantan napi koruptor yang maju jadi caleg dalam pemilu tahun depan. Mereka patut dihukum melalui sistem demokrasi kita. Jika publik sudah cerdas politik, tentu akan menjadi kekuatan kontrol yang efektif terhadap parpol dan politisi.

Demikian juga halnya dengan upaya pendindakan. Saya berharap KPK dalam tiga bulan ke depan menginvestigasi secara intensif keterlibatan parpol dalam kasus korupsi yang sedang ditangani KPK. Ini akan menciptakan momentum yang sangat tepat untuk mendorong pembenahan parpol. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Stabilitas Sangat Berdampak Pada Ekonomi             Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan