BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia
Saatnya Membenahi Parpol

Sebagai titik awal membangun sistem integritas parpol, inisiatif KPK patut disambut dengan baik. Penandatanganan secara terbuka komitmen penerapan Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) juga akan menjadi awal yang baik sepanjang diikuti dengan upaya pemantauan pelaksanaannya oleh KPK. 

Yang perlu diingat, SIPP ini adalah upaya pencegahan korupsi. Dia akan efektif jika dibarengi dengan upaya pencegahan lain dan upaya penindakan yang intensif. Upaya pencegahan korupsi lain yang perlu dilakukan dalam waktu dekat adalah mengajak masyarakat untuk tidak memilih kader partai mantan napi koruptor yang maju jadi caleg dalam pemilu tahun depan. Mereka patut dihukum melalui sistem demokrasi kita. Jika publik sudah cerdas politik, tentu akan menjadi kekuatan kontrol yang efektif terhadap parpol dan politisi.

Demikian juga halnya dengan upaya pendindakan. Saya berharap KPK dalam tiga bulan ke depan menginvestigasi secara intensif keterlibatan parpol dalam kasus korupsi yang sedang ditangani KPK. Ini akan menciptakan momentum yang sangat tepat untuk mendorong pembenahan parpol. (mry)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

FOLLOW US

Bilik Asmara adalah Hak Tahanan yang Harus Dipenuhi             Kedua Kubu Harus Menghormati Proses Hukum             Vandalisme dan Playing Victim sudah Usang             Investasi Dana Haji Untuk Siapa?             Batas Kesopanan Tidak Diatur dengan Jelas             Iklan Shopee BLACKPINK Berpotensi Menentang Norma Kesopanan              Jangan Abai dengan Jalan Rusak Dimusim Hujan             Revisi PP untuk Kemudahan Usaha Sektor Minerba             Tolak Rencana Revisi Ke-6 PP No.23 Tahun 2010              Kembali ke Permurnian Pelaksanaan Undang-Undang