BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Ahli ekonomi energi dan perencanaan fiskal-keuangan negara.
Revisi PP untuk Kemudahan Usaha Sektor Minerba

Watyutink.com - Saya kira revisi menjadi domain pemerintah, apalagi yang direvisi adalah PP.

Sejauh ini memang ketentuan UU No.4/2009 belum dapat sepenuhnya dijalankan. Dan memang pada revisi ada arah untuk memberikan kemudahan usaha minerba.

Saat ini pemerintah cukup mengandalkan penerimaan dari sektor batubara terutama untuk membantu menstabilkan nilai tukar rupiah. Batubara merupakan SDA yang saat ini memiliki peran penting dalam perolehan devisa.

Karena posisinya tersebut, menjadi logis jika pemerintah berupaya memberikan sejumlah kemudahan untuk mendorong kegiatan usaha di sektor minerba, khususnya batubara. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan