BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Gerakan Demokratik Rakyat Papua Barat (Garda Papua Barat) 
Referendum Catalan Memberikan Semangat Bagi Mahasiswa Papua Barat

Mahasiswa Papua Barat dari Raja Ampat sampai Boven Digoel mengapresiasi partisipasi rakyat Catalunya dalam referendum. Kami menghormati dan mendukung pilihan politik bangsa Catalan, yakni memilih untuk merdeka. Berdiri sendiri sebagai negara republik yang merdeka, keluar dari dominasi negara Spanyol.

Mahasiswa Papua Barat memberikan dukungan kepada rakyat Catalunya karena beberapa hal. Antara lain; mengakui hak politik mereka sebagai sebuah bangsa Catalan, sebagai sesama rakyat tertindas, sama-sama mengalami dan merasakan kekerasan negara melalui tindakan represif aparat negara.

Dampak yang dirasakan rakyat Papua-- terutama mahasiswa--dari keberhasilan referendum Catalan adalah mendapatkan semangat baru untuk memperjuangkan kebebasan bagi rakyat di Papua Barat. Kami yakin perjuangan kami ini akan akan mewujudkan Papua Barat yang merdeka.

Bagi kami para mahasiswa Papua Barat, tidak ada masa depan bersama Pemerintahan Indonesia. Karena itu solusinya adalah keluar dari Indonesia. Untuk keluar dari Indonesia kami mengambil langkah melalui mekanisme referendum. Sama seperti yang dilakukan oleh rakyat di Catalunya pada 2017, Timor Leste pada 1999, dan Sudan Selatan 2011.

Pendekatan pembangunan atau non-milter yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia tidak akan mengubah keinginan hati kami. Kemerdekaan itu harga diri bagi rakyat Papua Barat. Oleh karena itu tidak bisa ditawar dengan apapun, termasuk dialog sektoral dan pembangunan. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF