BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lingkar Madani
Posisi Cawapres juga Jadi Rebutan

Saya pikir Prabowo dengan tiga parpol pendukung sudah bisa memenuhi syarat untuk maju ke Pilpres 2019. Jadi secara umum kita lihat nanti akan ada dua capres yang maju, dalam hal ini Jokowi dan Prabowo. Karena ada potensi Prabowo akan mendapatkan dukungan dari tiga parpol, yaitu Gerindra, PKS, dan PAN. Dukungan dari tiga parpol ini sudah memenuhi syarat minimal untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Sebetulnya yang harus kita lihat bukan cuma capres, tetapi juga siapa yang akan menjadi wakil presiden. Dari kubu Jokowi, maupun dari kubu Prabowo. Dari kubu PDIP mungkin akan minta posisi pendamping Jokowi sebagai wapres diberikan kepada kader mereka. Hal yang sama juga mungkin akan begitu. PKB secara jelas sudah mengatakan Cak Imin menjadi wapres Jokowi. Balihonya sudah dipasang di mana-mana. Di kubu Prabowo pun demikian. Apakah Prabowo akan dipasangkan dengan Zulkifli Hasan, Hidayat Nurwahid, atau calon lainnya. Kalau dipasangkan dengan Zulkifli, terulang kembali Pilpres 2014 Prabowo mengambil Ketum PAN sebagai cawapres.

Pilpres dan pileg digelar berbarengan tentu Gerindra akan mengambil keuntungan dari popularitas Prabowo. Kalau dilihat sekarang pun Gerindra sudah banyak mengambil keuntungan. Sementara untuk parpol lain yang mendukung Prabowo, seperti PKS masih berada dalam posisi berpotensi terdegradasi dari parlemen. Hal ini harus dipikirkan oleh PKS juga PAN, apakah dengan bergandengan tangan terus menerus dengan Gerindra akan menguntungkan mereka secara politik atau justru sebaliknya? Kalau dilihat dari tren PKS dan PAN mengalami kesulitan meraih suara empat persen untuk tetap mempertahankan kursi di parlemen. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF