BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen Administrasi Publik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Polri Tak Perlu Kawal Dana Desa

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk menghilangkan kemungkinan penyelewengan dana desa. Pertama, bahwa pemahaman tentang dana desa harus ditingkatkan dengan pelatihan dan pendampingan secara serius serta intens terhadap peningkatan SDM.

Kedua, perlu pembuatan pencatatan atau model akuntansi bukan yang baku atau satu model saja. Mengingat SDM, dinamika sosial, permasalahan serta kebutuhan antara satu desa dengan desa lainnya memiliki perbedaan dan keragaman.

Ketiga, selayaknya Polri tidak perlu masuk ke pengawalan dana desa. Karena selama ini yang mengawasi adalah BPK. Kalau Polri ikut mengawasi akan terjadi tumpang tindih wewenang dan kepentingan dalam pengawasan dana desa tersebut.

Kalau Polri mau dilibatkan dalam mengawal dana desa lebih pada pendekatan penindakan hukum, bukan pembinaan dan perbaikan kualitas pemahaman dana desa, dan peningkatan kualitas SDM dalam penggunaan dana desa.

Selain itu ada keterbatasan jumlah personil Babinkamtibmas sebagai tangan Polri ke desa, juga pemahaman Polri tentang dana desa tidak memumpuni. Polri hanya menggunakan kacamata penegakan hukum semata. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Tauhid Ahmad

Executive Director INDEF

Agus Herta Sumarto

Peneliti INDEF

Deniey Adi Purwanto

Peneliti INDEF