BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Aktivis, Penggiat Filantrophi dan Founder Tamansari Camp & Adventure
Politik Ala Kadarnya

Apakah ustaz Ja’far Shodiq sudah paham betul soal Palestina? Saya yakin ustaz Ja’far Shodiq hanya melihat Palestina dari satu sisi saja, yakni Palestina itu muslim yang ditindas oleh Israel. Pasti hanya sampai disitu saja.  Pada kenyataannya rakyat Palestina bukan hanya Islam saja; disana ada juga Kristen dan Yahudi.

Apakah ustaz Ja’far Shodiq juga paham bahwa Palestina itu terbagi dalam dua faksi, Hamas dan Fatah. Dan dua faksi ini tidak pernah akur. Suasana kehidupan sosial politik antara warga di Gaza dan di Tepi Barat, juga berbeda.

Bagaimana nalar kita dipaksa agar bisa menerima tekad Ustaz Ja’far Shodiq untuk bersama-sama berperang ke Palestina? Kondisi dan peta Palestina saja gak paham, kok malah ngajakin perang?.

Pada tahun 2012, saya pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan ketika ingin ziarah ke Palestina. Rombongan saya dihentikan, dan dibiarkan bengong sekitar 30 menit, ketika hendak melintasi  perbatasan Yordania-Israel di  Allenby Bridge. Ketika saya tanyakan kepada petugas di sana kenapa rombongan saya diberlakukan tidak menyenangkan seperti itu, ternyata petugas tersebut curiga dan beranggapan bahwa orang Islam dari Indonesia itu berpaham radikal semua, sesuai dengan apa yang mereka lihat dan ketahui melalui youtube atau pun televisi. Padahal saya adalah Muslim, warga Nahdatul Ulama yang berpaham moderat.

Maka, saya sarankan agar ustaz Ja’far piknik dulu ke Gaza, juga ke Tepi Barat. Nanti pasti terbuka wawasan, apa yang sesungguhnya terjadi di sana. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF