BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pernyataan Jokowi harus Diiringi Langkah Konkret

Trump sudah membuat pernyataan terbuka. Itu harus dilakukan. Karena kalau tidak AS akan kehilangan wibawa. Kecuali ada kejadian luar biasa, aksi massa besar-besaran di seluruh dunia yang menentang AS. Mungkin keputusan akan berubah

Bukan sekadar memperkeruh tapi memang praktis menghancurkan proses perdamaian. Itulah sebabnya Presiden AS sebelum Trump tidak mau melakukan ini. Mengingat posisi AS sebagai mediator perdamaian antar Israel-Palestina.

Pemerintah Jokowi saat ini sudah menyatakan penolakannya dengan tegas terhadap langkah AS. Pernyataan ini harus disusul dengan langkah konkret berkoordinasi dengan negara-negara lain. Khususnya negara-negara di Timur Tengah serta memanfaatkan semua forum multilateral yang ada, termasuk PBB tentunya. Karena AS melanggar resolusi PBB soal status Yerusalem.

Secara kapasitas Indonesia belum bisa menjadi mediator. Mediator itu punya hubungan diplomatik dengan Israel, jelas ini bertentangan dengan kebijakan luar negeri kita selama ini. Leverage kita secara ekonomi politik militer juga belum cukup, jadi kita sifatnya mendukung proses perdamaian dan kemerdekaan Palestina. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF