BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Feminis, Deputy Program Institute Kapal Perempuan
Pernikahan Anak Rentan Kekerasan

Dampak pernikahan dini pada usia anak-anak, di antaranya, menyumbang pada tingginya angka putus sekolah pada anak perempuan. Sekarang rata-rata putus sekolah di usia SMP dan SMA. 

Selain menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan perempuan dan anak perempuan, otomatis pengetahuan, informasi, dan keahliannya juga rendah. Ini nanti berpengaruh pada kemiskinan perempuan karena tidak dapat mengakses pekerjaan yang layak.

Lalu rentan kekerasan. Pada saat menikah muda belum paham cara mengelola rumah tangga, rentan mengalami kekerasan seksual, seperti pemaksaan hubungan seksual karena belum paham dan pasangan tidak sabar.

Terakhir, menyumbang pada Angka Kematian Ibu melahirkan karena secara organ tubuhnya belum siap untuk proses reproduksi. (fai)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional