BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Feminis, Deputy Program Institute Kapal Perempuan
Pernikahan Anak Rentan Kekerasan

Dampak pernikahan dini pada usia anak-anak, di antaranya, menyumbang pada tingginya angka putus sekolah pada anak perempuan. Sekarang rata-rata putus sekolah di usia SMP dan SMA. 

Selain menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan perempuan dan anak perempuan, otomatis pengetahuan, informasi, dan keahliannya juga rendah. Ini nanti berpengaruh pada kemiskinan perempuan karena tidak dapat mengakses pekerjaan yang layak.

Lalu rentan kekerasan. Pada saat menikah muda belum paham cara mengelola rumah tangga, rentan mengalami kekerasan seksual, seperti pemaksaan hubungan seksual karena belum paham dan pasangan tidak sabar.

Terakhir, menyumbang pada Angka Kematian Ibu melahirkan karena secara organ tubuhnya belum siap untuk proses reproduksi. (fai)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir