BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Feminis, Deputy Program Institute Kapal Perempuan
Pernikahan Anak Rentan Kekerasan

Dampak pernikahan dini pada usia anak-anak, di antaranya, menyumbang pada tingginya angka putus sekolah pada anak perempuan. Sekarang rata-rata putus sekolah di usia SMP dan SMA. 

Selain menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan perempuan dan anak perempuan, otomatis pengetahuan, informasi, dan keahliannya juga rendah. Ini nanti berpengaruh pada kemiskinan perempuan karena tidak dapat mengakses pekerjaan yang layak.

Lalu rentan kekerasan. Pada saat menikah muda belum paham cara mengelola rumah tangga, rentan mengalami kekerasan seksual, seperti pemaksaan hubungan seksual karena belum paham dan pasangan tidak sabar.

Terakhir, menyumbang pada Angka Kematian Ibu melahirkan karena secara organ tubuhnya belum siap untuk proses reproduksi. (fai)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan