BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
 Pengamat Kebijakan Publik/ Anggaran
Permudah Akses pada Industri Kecil

Sektor manufaktur merupakan salah satu investasi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi karena memiliki multiplier efek cukup tinggi. 

Selama ini pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bergantung pada sektor konsumsi. Strategi peningkatan sektor manufaktur akan berdampak pada pajak yang juga ikut naik. Saat ini pemerintah mengambil strategi untuk melonjakkan impor dalam rangka memperbaiki industri manufaktur ke depannya, namun yang perlu dilihat adalah kemanfaatan dari impor tersebut diarahkan ke industri kecil atau industri besar. 

Harapan kami, adanya lonjakan impor manufakturing dapat memperluas lapangan kerja/tenaga kerja terutama di sektor informal sehingga dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Yang menjadi masalah, selama ini ada aturan penertiban yang mempersulit akses para pengusaha kecil/industri kecil dan adanya tumpang tindih program pemerintah yang kemudian menegasikan sumber daya nasional. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Rekonsiliasi Politik di Level Elit Diharapkan Terjadi di Level Sosial.              Tak Ada yang Salah dengan Pertemuan Jokowi Prabowo             Perhatikan Lag antara Demand Side dan Regulasi dari Sisi Supply Side             Tantangan yang Harus Dihadapi Masih Besar             Kemiskinan Makin Sedikit, Sulit Dikurangi             Bansos Tak Efektif Kurangi Kemiskinan             UNHCR Harus Keluar             Pembangunan Negara Hukum Harus Jadi Agenda Prioritas             ‘Visi Indonesia’ Tidak Prioritaskan Pembangunan Hukum dan HAM             Perlu Pertimbangan Agar yang Dikurung Memang Pantas Dikurung