BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lembaga untuk Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran (LETRAA)/Pemerhati Kebijakan Publik
Permudah Akses pada Industri Kecil

Sektor manufaktur merupakan salah satu investasi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi karena memiliki multiplier efek cukup tinggi. 

Selama ini pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bergantung pada sektor konsumsi. Strategi peningkatan sektor manufaktur akan berdampak pada pajak yang juga ikut naik. Saat ini pemerintah mengambil strategi untuk melonjakkan impor dalam rangka memperbaiki industri manufaktur ke depannya, namun yang perlu dilihat adalah kemanfaatan dari impor tersebut diarahkan ke industri kecil atau industri besar. 

Harapan kami, adanya lonjakan impor manufakturing dapat memperluas lapangan kerja/tenaga kerja terutama di sektor informal sehingga dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Yang menjadi masalah, selama ini ada aturan penertiban yang mempersulit akses para pengusaha kecil/industri kecil dan adanya tumpang tindih program pemerintah yang kemudian menegasikan sumber daya nasional. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir