BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lembaga untuk Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran (LETRAA)/Pemerhati Kebijakan Publik
Permudah Akses pada Industri Kecil

Sektor manufaktur merupakan salah satu investasi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi karena memiliki multiplier efek cukup tinggi. 

Selama ini pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bergantung pada sektor konsumsi. Strategi peningkatan sektor manufaktur akan berdampak pada pajak yang juga ikut naik. Saat ini pemerintah mengambil strategi untuk melonjakkan impor dalam rangka memperbaiki industri manufaktur ke depannya, namun yang perlu dilihat adalah kemanfaatan dari impor tersebut diarahkan ke industri kecil atau industri besar. 

Harapan kami, adanya lonjakan impor manufakturing dapat memperluas lapangan kerja/tenaga kerja terutama di sektor informal sehingga dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Yang menjadi masalah, selama ini ada aturan penertiban yang mempersulit akses para pengusaha kecil/industri kecil dan adanya tumpang tindih program pemerintah yang kemudian menegasikan sumber daya nasional. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)