BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pastor dan aktivis penggerak kesadaran manusia
Perlu Tindakan Preventif Cegah Teror

Tindakan preventif atau pencegahan sejak dini perlu dilakukan untuk menanggulangi kasus terorisme yang terjadi di Tanah Air. pendidikan agama merupakan salah satu komponen yang penting dalam mencegah terulangnya peristiwa pengeboman. Perlu adanya pendidikan agama yang mencerahkan, bukan sekadar doktrinal dan ritual tetapi yang membebaskan.

Selanjutnya, pencegahan kasus terorisme membutuhkan keterlibatan masyarakat. "Masyarakat akar rumput harus dilibatkan. RT dan RW diefektifkan sehingga apabila ada orang yang mencurigakan dapat langsung diidentifikasi.

Kerja sama yang sinergis antara Pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan dalam mengatasi kasus terorisme secara utuh. Masalah terorisme ini tidak bisa diatasi secara parsial, karena di dalamnya pasti ada jaringan yang membiayai tindak terorisme tersebut. pentingnya menguatkan kembali ideologi kebangsaan untuk mencegah terjadinya kembali tindakan terorisme. "Ideologi Pancasila belum diaktualisasikan dengan baik melalui kebijakan publik. Jangan sampai masyarakat berpaling dari ideologi ini.

Keputusan kemanusian harus di lihat kaca mata nilai kemanusian dimana kondisi sudah tua dan sakit. Terkait dengan kebijakan tersebut jangan politiksasi dengan kepentingan jangka pendek. Selain itu yang lebih terpenting sekarang bagaimana sistim deradikalisasi akan berjalan baik dan  agama menjadi sumber aspirasi. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF