BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Duta Besar RI untuk Jepang 1979-1983, Gubernur Lemahanas 1974-1978, Wakasad 1973-1974
Perlu Pimpinan Nasional yang Perduli Ekonomi Pancasila

Terwujudnya Ekonomi Pancasila di Republik Indonesia memerlukan pengembangan teori tapi lebih-lebih implementasi. Dan faktor implementasi lebih menonjol karena langsung dirasakan masyarakat. Sebab itu peran kepemimpinan nasional sangat menentukan, khususnya peran Presiden RI. 

Maka Pilpres 2019 merupakan indikasi terwujudnya Ekonomi Pancasila di Indonesia. Hanya dengan presiden yang benar-benar yakin akan perlunya Ekonomi Pancasila dan berambisi kuat untuk mewujudkannya, Indonesia di masa depan akan hidup dengan Ekonomi Pancasila. 

Presiden diharapkan membentuk tim ekonomi yang terdiri dari pakar ekonomi yang juga kuat keyakinannya kepada Pancasila dan membantu Presiden mengembangkan sistem Ekonomi Pancasila, serta memimpin implementasinya. 

Kemudian dalam pendidikan, teori Ekonomi Pancasila disebarkan secara luas dan mendalam. Ini gambaran umum tentang perwujudan Ekonomi Pancasila di Indonesia. 

Indikasi adanya kesungguhan pimpinan bisa dilihat dari adanya penurunan kemiskinan dan semakin hilangnya kesenjangan yang lebar dan dalam antara kaya-miskin dengan Gini Ratio rendah. Juga adanya Konstitusi yang sesuai UUD 1945 yg asli. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI