BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Project Management for Signalling, Telco and IT at MRT Jakarta
Perlu Kampanye 'Melanggar itu Memalukan dan Kampungan'

Sistem teknologi yang digunakan MRT Jakarta (MRTJ) sebenarnya sudah banyak digunakan di belahan dunia lain, kita akan menggunakan sistem persinyalan (railways signalling system) yang terkoneksi ke pengaturan perjalanan kereta bahkan juga terkoneksi ke sistem pengereman/ akselerasinya seluruh kereta yang beroperasi. Jadi kereta MRTJ pada kondisi normal nge-rem dan nge-gas nya dikendalikan oleh sistem persinyalan. 

Teknologi signaling system yang akan digunakan di MRTJ yaitu CBTC, sehingga masinis/ driver yang ada di kereta pada saat sistim persinyalan otomatis ini berfungsi dengan normal maka tugas driver ini cuma tutup pintu kereta aja, selebihnya diatur oleh sistem signaling ini. 

Platform Sliding Door ( PSD) juga akan terpasang di seluruh stasiun ini juga terkoneksi dengan Signalling System, jadi buka tutupnya PSD dan pergerakan kereta ini diatur dan mengandalkan Signaling System. Ini yang jelas berbeda dengan system di KRL Jabodetabek yang ada saat ini.

Sistem informasi ke penumpang juga akan tersedia (Passenger Information Display System) dan informasinya terkoneksi dengan Signalling System, sehingga informasi yang disampaikan di PIDS ini  akan sangat akurat berdasarkan hal ter-update yang terjadi di lapangan. 

Penumpang harus cepat dan teratur dalam pergerakannya karena gerak kereta juga cepat. Tidak perlu khawatir akan hal ini karena kereta akan berangkat apabila penumpang sudah benar-benar keluar dan masuk ke kereta dengan aman dan semua pintu pastikan tertutup sempurna. Jadi headway 5 menit ini memang berdampak pada harus cepatnya pergerakan penumpang di stasiun dan masuk-keluar kereta. Strateginya adalah kita menyediakan batas antrian, dan pengaturan flow penumpang di stasiun, anjuran bagi penumpang untuk mematuhi flow penumpang saat naik dan turun kereta sangat penting untuk dipatuhi, campaign ini sudah mulai ke masyarakat pengguna KRL Jabodetabek dengan membiasakan memberi prioritas pada penumpang yang turun terlebih dahulu. 

Transisi budaya harus melalui campaign yang kuat untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa melanggar itu memalukan bahkan diekstrimkan dengan istilah kampungan dan harus dipermalukan secara sosial. Itu yang dulu juga dilakukan di KCJ pada awal penerapan ticketing system yakni memaksa orang untuk memvonis secara publik atas pelanggar, ini tidak bisa oleh operatornya, tetapi harus ditumbuhkan oleh masyarakat pengguna, sehingga efeknya akan lebih kuat sebagai kesadaran sosial, bukan paksaan.

Dalam transisi budaya terkait budaya antri, MRTJ menerapkan sistem ticketing yang ketat dan memaksa seluruh pengguna melalui gate saat akan memasuki area stasiun. Antri naik turun kereta ini harus dibudayakan dengan campaign, kesadaran masyarakat bisa dipaksakan dengan sistem tetapi tidak sepenuhnya dapat di-cover oleh sistem.

Salah satu upaya kita adalah dengan terus melakukan sosialisasi untuk mendahulukan penumpang turun, dan membiasakan penumpang menunggu di
depan pintu Platform Sliding Door dengan tertib sesuai jalur antrian. 

Harapan saya masyarakat ikut menjaga kebersihan di stasiun, di area stasiun dan di dalam kereta selama perjalanan, menggunakan fasilitas umum yang disediakan dengan tertib, tidak mengotori dan tidak merusaknya.MRTJ juga akan mengoperasikan CCTV di seluruh titik area stasiun dengan tujuan agar sedini mungkin kita dapat melihat perilaku pengguna/ penumpang dan menindak dengan bukti apabila ada pelanggaran/ pengrusakan.

Kereta MRTJ dilengkapi pintu emergency di kabin masinis, mengarah langsung ke depan kereta, ini standar internasional untuk kereta yang akan beroperasi di tunnel, sehingga saat emergency apabila kereta tidak dapat berhenti di stasiun, penumpang dapat keluar dengan tertib melalui pintu emergency ini dan melanjutkan berjalan ke stasiun teraman terdekat dengan kawalan/arahan petugas. Track kita pun di-design untuk aman dilalui penumpang dengan penerangan yang cukup dan aman untuk orang berjalan. Harapan kita penumpang dapat dengan tertib mengikuti prosedur ini, seluruh emergency procedure akan sosialisasikan dengan jelas. (win)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF