BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen STAIN Bengkalis
Perkuat Pencegahan

Perkiraan 5,3 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia dari catatan Bank Dunia. Jika benar berarti mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi, dan ini juga terjadi di negara-negara Asia Tenggara. Kondisi yang kurang bergairah saat ini memang membutuhkan langkah konkrit untuk membantu perbaikan perekonomian. Memberi amnesty kepada para koruptor salah satu langkah yang realistis untuk mempercepat pengembalian uang negara. Memang ada suatu persoalan, apakah langkah ini menjadi jalan para pelaku bisnis untuk berbuat serupa? Bukankah diampuni juga dosa-dosanya.

Penegakan hukum memang menjadi indikator kuatnya pemerintahan. Semakin baik pelaksanaanya semakin kuat pemerintahannya.
Yang perlu dilakukan saat ini bagi pemerintah, pengampunan para pelaku kejahatan ekonomi tidak merembet pada persoalan serupa dikemudian hari. Artinya, pemerintah harus membuat regulasi yang mampu menutup pintu kejahatan tersebut, agar tidak terulang kembali. Karena jika langkah ini tidak diperhatikan secara serius, maka akan menjadi preseden buruk pemerintah Jokowi-JK.

Memang kasus amnesti menjadi persoalan cukup pelik. Bukan persoalan mudah para koruptor untuk mengembalikan uangnya ke kas negara. Apalagi keberadaan mereka dilindungi secara hukum oleh negara penerima. Jadi seperti sebuah film: maju mundur kena. Boleh kita tertawa. Tapi, semoga tertawa atas puasnya kinerja pemerintah, bukan karena pemerintah salah langkah. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan