BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
Penyederhanaan Harus Berdampak pada Tarif yang Lebih Efisien

Saya belum mengetahui secara detail konsep penyederhanaan tarif listrik yang digagas Kementerian ESDM. Tapi memang sistem pentarifan saat ini terlalu rumit. Baik untuk rumah tangga, bisnis, dan industri.

Namun demikian jangan sampai penyederhanaan tarif justru menjadi instrumen terselubung untuk menaikkan tarif. Seharusnya penyederhanaan tarif berdampak pada tarif yang lebih efisien. Bahkan tarif listriknya bisa turun.

Saya tidak tahu idealnya bagaimana. Tapi yang pasti misalnya tarif golongan R1, masih dibagi lagi menjadi sekian kategori. Golongan tarif R2 juga begitu, sampai R3 dan seterusnya.

Tapi intinya penyerderhanaan harus berdampak pada formulasi dan besaran tarif listrik. Tarif listrik harus lebih efisien untuk semua golongan dan kategori. Bukan sebaliknya, menyederhanakan tarif malah hanya kedok untuk menaikkan tarif terselubung. Mengingat kondisi ekonomi makin lesu dan daya beli terpukul. Dan itu bertentangan dengan program kesejahteraan rakyat Presiden Jokowi. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan