BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
Penyederhanaan Harus Berdampak pada Tarif yang Lebih Efisien

Saya belum mengetahui secara detail konsep penyederhanaan tarif listrik yang digagas Kementerian ESDM. Tapi memang sistem pentarifan saat ini terlalu rumit. Baik untuk rumah tangga, bisnis, dan industri.

Namun demikian jangan sampai penyederhanaan tarif justru menjadi instrumen terselubung untuk menaikkan tarif. Seharusnya penyederhanaan tarif berdampak pada tarif yang lebih efisien. Bahkan tarif listriknya bisa turun.

Saya tidak tahu idealnya bagaimana. Tapi yang pasti misalnya tarif golongan R1, masih dibagi lagi menjadi sekian kategori. Golongan tarif R2 juga begitu, sampai R3 dan seterusnya.

Tapi intinya penyerderhanaan harus berdampak pada formulasi dan besaran tarif listrik. Tarif listrik harus lebih efisien untuk semua golongan dan kategori. Bukan sebaliknya, menyederhanakan tarif malah hanya kedok untuk menaikkan tarif terselubung. Mengingat kondisi ekonomi makin lesu dan daya beli terpukul. Dan itu bertentangan dengan program kesejahteraan rakyat Presiden Jokowi. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir