BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen STAIN Bengkalis
Penyakit Lama Kambuh

Jusuf Kala termasuk politikus yang kontroversial selain Amien Rais. Hanya saja, nasibnya lebih mujur ketimbang Amien Rais. Dengan terpilihnya beberapa kali menjadi wakil presiden menunjukan bahwa JK mempunyai kekuatan yang bisa diperhitung, selain karena latarbelakang dari partai Golkar, juga latarbelakang pengusaha yang dianggap mampu memahami persoalan ekonomi lebih baik.

Jika merujuk kepada sejarah, JK berpasangan dengan SBY hanya satu kali. Demikian juga dengan Jokowi. Hanya saja kemungkinan tidak berpasangan lagi dengan Jokowi karena persoalan regulasi yang tidak memperbolehkan untuk menjadi cawapres lagi. Hanya saja, saya menilai bahwa tabiat JK memang kadang berseberangan dengan kebijakan pemerintah sejak zaman SBY.  Insting politik lebih dominan. Ia berbeda dengan Budiono yang siap menjadi tumbal kebijakan saat menjadi Cawapres SBY.  Saya kira sikap Budiono yang demikian berangkat dari latarbelakang akademisi yang dianggap keputusan yang dibuat tidak bertentangan dan sudah sesuai dengan prosedur. Seperti kasus Century.

Lalu, bagaimana dengan pemerintahan Jokowi, apakah kebiasaan JK kambuh lagi? Bisa saja terjadi. Ini sangat merugikan bagi JK yang dianggap oportunis. Seolah-olah hanya membela saat menguntungkan, dan mengkritik jika tidak menguntungkan. Hal ini bisa dilihat statemen yang sering kontroversial yang pernah dilakukan. Termasuk tentang Jokowi.

Memang jika benar, ini menjadi santapan empuk bagi oposisi untuk menyerang petahana. Ada ruang bagi oposisi bahwa ritme kinerja tidak harmonis dan ada yang ditutupi diantara mereka. Opini ini menjadi gorengan untuk membenturkan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Benar atau tidak masih ada waktu untuk menilai manuver JK pada beberapa bulan kedepan. Namun belum tentu apa yang dikatakan oleh JK menjadi sikap protes. Bisa jadi ingin mengatakan bahwa ada keberhasilan dalam berbagai bidang, namun ada hal hal tertentu yang perlu dikatakan kepada publik masih ada yang perlu diperbaikinya. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF