BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Ahli ekonomi energi dan perencanaan fiskal-keuangan negara.
Penurunan Harga Tidak Berpengaruh Siginfikan

Secara umum keuangan Pertamina tak akan terpengaruh banyak. Sebab, penyesuaian harga memang harus dilakukan karena adanya penurunan harga minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dolar AS.

Penguatan kurs rupiah terhadap dolar AS dan menurunnya harga minyak bumi bagi Pertamina tetap akan mengalami kerugian dari penjualan Premium. Karena harga BBM Premium sebetulnya masih di bawah harga keekonomian. Harga keekonomian BBM Premium saat ini berada di kisaran Rp7.000 per liter. Hanya saja memang selisih antara harga keekonomian dengan harga yang ditetapkan pemerintah semakin mengecil.

Pertamina memang tidak rugi, tetapi perolehan laba Pertamina sepanjang 2018 memang sudah tergerus banyak dibandingkan pada tahun 2017 akibat kebijakan BBM satu harga, hal mana membuat banyak laba Pertamina tergerus. Sebab, konsekwensi dari kebijakan BBM satu harga yang berlaku untuk seluruh Indonesia harus ditanggung sendirian oleh Pertamina. Ditambah lagi dengan kenaikan kurs mata uang dolar AS waktu itu.

Rekomendasi untuk perbaikan Pertamina ketika memanfaatkan momentum penurunan harga minyak bumi saat ini adalah kembali memberikan solusi jangka panjang bagi kemungkinan subsidi BBM ditambah, dan apabila APBN tidak memungkinkan maka bisa dilakukan opsi penghematan pada beberapa pos pengeluaran. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Djoko Setijowarno

Pengamat transportasi

FOLLOW US

Tidak Ada yang Bisa Jamin Data Kita Aman             Unicorn Indonesia Perlu Diregulasi             Bijak Memahami Perubahan Zaman             Strategi Mall dan Departement Store dalam Menghadapi Toko On line             Sinergi Belanja Online dengan Ritel Konvensional             Investor Tertarik Imbal Hasil, Bukan Proyek             Evolusi Akan Terjadi meski Tidak Dalam Waktu Dekat             Demokrasi Liberal Tak Otentik             Tak Perlu Berharap pada Elite Politik             PSSI di Persimpangan Jalan, Butuh Sosok Berintegritas dan Profesional