BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Guru Besar Antropologi UI, mantan Ketua Umum Partai Demokrat
Pengadaan Dana Harus Dipikirkan Masak-masak

Tidak bisa dipungkiri sempitnya ruang fiskal APBN 2018 begitu sempit. Penerimaan pajak selalu di bawah target (shorfall ), defisit fiskal dan utang terus membengkak, bahkan sudah masuk pada defisit keseimbangan primer (utang baru untuk melunasi bunga utang lama). Artinya ruang gerak fiskal memang benar-benar terbatas. Sementara  pemerintah sedang menggenjot pembangunan infrastruktur untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi demi kesejahteraan umum. 

Sebagai pensiunan tentu saja akan senang mendapatkan uang ekstra yang diperlukan untuk bagi- bagi THR. Akan tetapi kita juga menyadari betapa sulitnya non-PNS yang harus menambah beban hidup merayakan kemenangan dalam beribadah puasa. Pertimbangan positif terhadap THR dan gaji 13 bisa menambah peredaran uang dengan harapan dapat merambah golongan ekonomi lemah terutama pedagang kecil dan petani????

Apa yang merisaukan adalah instruksi Mendagri kepada kepala daerah untuk mengalokasikan ekstra anggaran tanpa perencanaan. Instruksi itu bagaikan buah si malakama dan bisa berakibat seperti kasus “Damkar” yang akhirnya menyeret menterinya. Perlu dipikirkan masak-masak kalau memang tidak ada dananya. (cmk)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan