BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas
Pemilih Mulai Memahami Politik Simbolisasi Agama

Penggunaan simbol-simbol atau ajaran agama memang marak dimanfaatkan banyak pihak dalam berkampanye. Namun saya meyakini pemilih mulai belajar dan memahami langkah-langkah politik simbolisasi agama semacam itu. Apalagi mewajibkan sesuatu yang tidak wajib dalam agama akan dipahami publik sebagai sesuatu ajaran yang salah.

Tapi sekali lagi, langkah politik tidak harus dimaknai hanya dipermukaan saja sebagai nilai kebenaran agama, bisa saja penggunaan istilah-istilah agama adalah bagian dari ketakutan dalam langkah politik. Apapun itu, semestinya pertarungan politik adalah pertarungan gagasan program, visi dan misi kandidat, bukan pertarungan mengerdilkan kandidat lain.(mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Nyoman Sudarsa

Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

FOLLOW US

Pengumpulan Zakat Akan Meningkat Signifikan             E-Commerce Hanya Sebagai Channel of Fund             Zakat Online Sah             Mengatasi Petasan: Solusi Tanpa Menimbulkan Masalah Baru              Bukan Sekadar Melarang Petasan, Tapi Harus Ada Solusi              Petasan Terancam Hilang             H.M. Amien Rais dan Hasrat Berkuasa yang Tak Pernah Pudar             Sikapi Secara Sederhana              Minta-minta (Setengah Memaksa) Budaya Kemiskinan             Oposisi Yang Melemah