BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Kebijakan Publik, Managing Partner PH&H Public Policy Interest Group
Pemerintah Harus Mengejar Elektrifikasi Seluruh Indonesia

Saya pikir kita harus menunggu keputusan resmi pemerintah untuk ihwal penggabungan daya listrik itu. Itu disampaikan Menteri Jonan ketika membuka perdagangan di BEJ kan? Saya pikir baru celetukan dan belum resmi karena belum ada keputusannya.

Untuk ke depan, subsidi harus diberikan ke orang yang tepat, bukan untuk semua. Untuk itu data real time dibutuhkan, terlebih jika program e-KTP sudah selesai. Tarif juga harus disederhanakan supaya tidak terlalu banyak. Sepertinya listrik kan belum naik, TDL-nya cuma dikurangi ya praktis balik ke Harga Pokok Produksi(HPP)nya. Saya sudah bicara ke regulator untuk memastikan perhitungan yang adil dan benar, subsidi ya harus dibatasi.

Saat ini yang terpenting kita harus paksa pemerintah untuk mengelektrifikasi seluruh Indonesia supaya ada keadilan. Menyedihkan jika yang sudah mampu disubsidi terus, sementara banyak yang belum dapat listrik. Uang subsidi harus dipakai untuk pembangunan pembangkit dan kurangi subsidi.

Jika dituntut harus murah, murahnya berapa? Kita harus ingat orang Indonesia lain yang belum menikmati listrik. Jangan asal murah untuk orang di Pulau Jawa dan Sumatera yang hidupnya sudah jauh lebih enak dari masyarakat kita yang hidup di Pulau Tahuna, misalnya, yang tanpa listrik. Langkah ini akan mengurangi kemungkinan munculnya separatisme karena kecewa terhadap negara ini.

Kita harus hati-hati berpendapat soal kelistrikan ini jika belum ada rilis resmi pemerintah. Begitupun buat mereka yang dimintai pendapat. Jika tak paham lalu berpendapat, kasihan publik nanti bila dapat info yang kurang akurat. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan