BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Jurnalis Senior
Pelaku Vandalisme Harus Diproses Secara Hukum

Kasus vandalisme adalah kasus dunia, yang juga terjadi di banyak negara. Pelakunya adalah orang-orang iseng yang butuh eksistensi. Mereka tidak bisa disebut seniman jalanan. Sebab apa yang mereka lakukan sudah merusak kepentingan umum, mengganggu keindahan kota dan merusak fasilitas kota. Sehingga hal itu dapat merugikan pemerintah. 

Oleh sebab itu, untuk menghapus vandalisme dan mengembalikan fasilitas umum yang menjadi korban vandalisme itu dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Kejahatan vandalisme ini harus dihentikan. Masyarakat diharapkan membantu aparat untuk menghentikan kejahatan vandalisme ini dengan cara masyarakat ikut berperan untuk menghalau atau menangkap pelaku vandalisme. 

Jika tidak bisa, masyarakat cukup mendata dan mengenalinya untuk dilaporkan ke polisi, agar kemudian polisi dapat memprosesnya secara hukum. Selain itu, pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh pelaku vandalisme juga harus mau membantu polisi untuk melaporkan kasusnya. Bila perlu membantu polisi menemukan pelakunya lewat CCTV yang mereka miliki. 

Hanya memang, ketika masyarakat berperan aktif membantu untuk memberikan informasi tentang pelaku vandalisme, polisi harus bekerja serius untuk mengusut dan memproses pelakunya secara hukum. Siapa pun pelakunya harus dihukum. Jika polisi tidak serius, masyarakat tidak akan percaya lagi dan membiarkan kejahatan vandalisme mengotori penjuru kota. (grh)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF