BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia
Parpol Tak Mau Kehilangan Setoran

Sistem Integritas Partai Politik harus dimulai. Jika tidak dimulai sistem tersebut, kapan partai politik akan berbenah? Pembenahan harus secepatnya dimulai. Soal ampuh atau tidak ampuh, waktu yang akan membuktikannya. Sulit memang dalam memulainya, tapi jika sudah jalan akan dinikmati hasilnya. Bangsa ini perlu perubahan. Dan pembenahan partai politik adalah salah satu jalannya. Parpol yang berintegritas merupakan keniscayaan. Partai yang korup akan menghasilkan pejabat yang korup pula.

Jika parpol sudah meneken tanda tangan penerapan SIPP, artinya serius. Tapi bergantung juga implementasi di lapangan. Namun jika pimpinan parpol masih melakukan oligarki partai dan masih menerima setoran, maka tak berguna itu tanda tangan kesepakatan SIPP. SIPP ditanda tangani untuk diterapkan. Bukan untuk dilanggar.

Bisa saja penandatanganan itu hanya ingin terlihat seolah-olah parpol serius ingin berbenah. Tapi yang tahu pimpinan parpol-parpol tersebut. Bisa juga untuk membangun pencitraan, seolah-olah berkomitmen dalam pemberantasan korupsi, padahal masih melanggengkan perilaku korupsi. Omong kosong atau tidak tergantung dari niat baik mereka para petinggi dan kader partai.

Sepertinya parpol belum rela meninggalkan pola rekrutmen yang dilanggengkan saat ini. Mahar politik masih jadi budaya. Mereka para pimpinan partai politik tak akan mau kehilangan setoran. Namun kita tungggu komitmen para petinggi partai-partai tersebut. Komitmen mereka penting bagi perubahan bangsa ke depan.

Pantau dan tangkap siapa saja kader partai yang terlibat korupsi. Kader partai juga jangan memilih ketua partai yang terindikasi korupsi. Membersihkan partai, ya, dengan cara menindak kader yang korupsi. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Ingin Tarif Ojek Online Murah, Aplikator Beri Subsidi             Tarif Baru Ojek Online Harus Fair             Politisasi Agama: Manifestasi Politik Akal Sesat             Setop Kapitalisasi Ibadah             Penting Memberikan Subsidi Produk Akhir Bagi Petani             Manfaatkan Digital Farming             Kemampuan Literasi Anak Negeri Menyikapi Selebrasi Valentine Day Perlu Diperkuat             Kelaparan Disebabkan Banyak Daerah yang Terisolasi             Mempermainkan Orang Miskin             Membantai Indonesia Tanpa Ampun