BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengajar dan Aktivis Pendidikan
Para Guru Harus Ciptakan Suasana Nyaman

Sulit untuk mengatakan apakah guru ini kurang memperhatikan anak-anak di sekolah atau tidak, tetapi dalam kasus ini memang sekolah harus terlibat untuk melakukan penanganan. Kasus ini sebenarnya sudah lama terjadi, dan ini bukanlah hal yang baru. Namun kasus yang baru terjadi ini memang sangat mengejutkan, karena dilakukan oleh puluhan siswa dalam satu sekolah.

Meski demikian, tak dapat dikatakan juga bahwa sekolah abai akan hal ini, karena pada akhirnya sekolah pun tahu apa yang dilakukan siswanya walau terlambat. Jadi, ada baiknya jika sekolah dapat memberikan perhatian lebih kepada siswanya, khususnya anak-anak yang bermasalah.

Biasanya anak-anak yang bermasalah ini mudah diketahui oleh beberapa guru yang memang memperhatikan setiap siswanya. Selain itu, kepala sekolah juga harus bekerjasama dengan para guru untuk dapat melaporkan masalah apa yang dihadapi oleh anak-anak, khususnya anak-anak bermasalah yang membutuhkan perhatian khusus.

Kemudian terkait dengan peran dari guru BK dalam kasus ini, dapat dikatakan bahwa fungsi guru BK di tiga sekolah tersebut belum berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dari banyaknya siswa melakukan sayat tangan, entah karena depresi maupun hanya sekadar mengikuti tren.

Inilah yang harus dicaritahu mengenai bagaimana sebenarnya peran dan fungsi dari keberadaan guru BK itu sendiri. Karena berdasarkan sejumlah pengalaman, selalu melakukan hal yang normatif saja kepada anak-anak yang bermasalah. Padahal dalam menangani anak-anak yang bermasalah, guru BK harus bisa memberikan bimbingan konseling dengan wawancara mendalam untuk mengorek masalah dari akarnya.

Sementara itu, untuk mencegah agar masalah serupa tak terjadi lagi, para guru atau pendidik harus dapat membuat anak-anak agar lebih terbuka dengan mereka. Kemudian menciptakan suasana yang nyaman, agar anak-anak yang memiliki sikap tertutup dapat membaur dan membuka diri kepada teman-temannya atau pun gurunya.

Suasana keterbukaan dan suasana saling percaya itulah yang harus dihadirkan di sekolah. Tentu saja tak perlu semua guru yang harus melakukannya, cukup beberapa guru saja yang sekiranya dapat lebih mudah akrab dengan anak-anak. (grh)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF