BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Pak Harto: Pemimpin Terkorup

Kami tidak akan menarik video tersebut, karena isinya merupakan fakta sejarah. Kami mengapresiasi Pak Harto sebagai mantan Presiden RI. Ada kontribusi yang dia berikan selama memimpin. Namun kita harus mengakui pula kegagalan beliau. Temuan Transparency International tahun 2004 yang dirilis dalam Global Transparancy Report menobatkan pak Harto sebagai pemimpin terkorup dalam 20 tahun terakhir.  

Pak Harto menjadi juara di kelas pemimpin terkorup dunia, melebihi Ferdinand Marcos dari Filipina dan Mobutu Sese Seko dari Zaire. Selama 31 tahun memerintah, Soeharto mengambil antara 15 hingga 35 miliar dolar AS dari rakyat Indonesia. Angka ini melebihi Ferdinand Marcos yang diperkirakan mencuri 5 hingga 10 miliar dolar AS, dan Mobutu Sese Seko yang mencuri 2 hingga 5 miliar dolar AS. 

Semua ini adalah fakta sejarah yang turut membentuk perjalanan bangsa Indonesia. Dari sejarah kita belajar agar tidak kembali mengulangi kesalahan di masa lalu. (ast)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan