BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Pak Harto: Pemimpin Terkorup

Kami tidak akan menarik video tersebut, karena isinya merupakan fakta sejarah. Kami mengapresiasi Pak Harto sebagai mantan Presiden RI. Ada kontribusi yang dia berikan selama memimpin. Namun kita harus mengakui pula kegagalan beliau. Temuan Transparency International tahun 2004 yang dirilis dalam Global Transparancy Report menobatkan pak Harto sebagai pemimpin terkorup dalam 20 tahun terakhir.  

Pak Harto menjadi juara di kelas pemimpin terkorup dunia, melebihi Ferdinand Marcos dari Filipina dan Mobutu Sese Seko dari Zaire. Selama 31 tahun memerintah, Soeharto mengambil antara 15 hingga 35 miliar dolar AS dari rakyat Indonesia. Angka ini melebihi Ferdinand Marcos yang diperkirakan mencuri 5 hingga 10 miliar dolar AS, dan Mobutu Sese Seko yang mencuri 2 hingga 5 miliar dolar AS. 

Semua ini adalah fakta sejarah yang turut membentuk perjalanan bangsa Indonesia. Dari sejarah kita belajar agar tidak kembali mengulangi kesalahan di masa lalu. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)