BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Manager INFID, Komisioner Komnas HAM 2017-2022  
Optimistis Pemprov DKI dan PAM Jaya Kelola Lebih Baik

Terkait dengan keputusan MA Nomor 31 K/Pdt/2017 yang memerintahkan PT Aetra Air Jakarta, PT PAM Lyonnnase Jaya (Palyja) dan Pemprov DKI Jakarta menghentikan swastanisasi air Jakarta, sebagai salah satu penggugat, saya optimistis Pemprov DKI dan PAM jaya bisa mengelola air Jakarta dengan baik. Modal yang dimiliki oleh mereka sudah sangat banyak, salah satu satunya standar tinggi layanan publik Jakarta yang dibangun oleh Jokowi, Ahok, dan Djarot, tinggal diteruskan dan diperbaiki oleh Gubernur yang sekarang.

Selain itu, kontrol dan partisipasi masyarakat Jakarta yang tinggi juga akan "menekan" Pemerintah Provinsi Jakarta dan PAM Jaya untuk terus memperbaiki layanannya. Pemprov Jakarta dan PAM Jaya tidak bisa main-main lagi dengan keputusan MA tersebut karena sorotan publik akan dengan sangat mudah dikonsolidasikan..

Itu sebabnya Pemprov Jakarta dan PAM Jaya harus segera menyusun rencana aksi detil terkait keputusan MA tersebut, dengan melibatkan masyarakat sebagai stakeholders utama dan pemilik daulat atas air yang tertinggi di Jakarta. Rencana aksi ini akan merumuskan peta jalan, dan pilihan - pilihan teknis yang dimungkinkan dengan adanya putusan MA tersebut. (jim)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)