BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Psikolog, Founder & CEO PT.l Personal Growth
Nikah Karena Ingin Dinafkahi, Perkawinan Jadi Setara Pelacuran

Menyangkut kampanye gerakan nikah muda dengan bilang "Bokek? Nikah!" yang berarti menikah semata untuk ada yang menafkahi adalah pernyataan yang sangat kasar, dan menghina perempuan. Maka, menghina diri sendiri sebagai perempuan, jika hal itu diamini oleh perempuan.

Selain itu, pernikahan semata karena agar ada yang menafkahi juga merendahkan kesakralan perkawinan yang suci. Perkawinan itu sakral. Pernyataan tadi membuat perkawinan jadi setara dengan pelacuran.

Karena sakral, maka persiapan yang serius menjadi penting. Termasuk secara psikologis, sosial, dan ekonomi. Perkawinan semestinya dilakukan oleh sepasang orang dewasa, yang setara usianya, dan siap untuk menjalankan relasi orang dewasa sebagai suami-istri, dan juga siap untuk menjadi orangtua, saat anak-anak hadir ke dalam kehidupan perkawinan mereka. 

Menurut saya, kampanye nikah muda ini merupakan manipulasi ajaran agama. Semua ajaran agama mengajarkan kebaikan, dan berpihak kepada kehidupan, yang artinya menempatkan perkawinan sebagai hal yang sakral dan suci, sebagaimana yang saya jelaskan di atas. (ade)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF