BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pastor dan aktivis penggerak kesadaran manusia
Mengembalikan Ekonomi Berkonstitusi

Pertama-tama kita harus memberikan apresiasi kepada upaya  pemerintah Jokowi yang mampu menjalin kesepakatan awal atau Heads of Agreement (HoA) antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum),  Freeport-McMoRan Inc. dan Rio Tinto. Seperti kita ketahui, berdasrkan fakta bahwa negoisasi itu berjalan sangat alot, karena terkait adanya beberapa kepentingan pihak-pihak tertentu.

Tujuan negosiasi ini sebenarnya mengembalikan kembali, apa yang dikatakan Soekarno bahwa kedaulatan ekonomi harus dimiliki oleh negara ini. keinginan inilah yang patut kita dukung dengan segala alasannya.

Kalau ada pihak-pihak yang kritis terkait hal ini, harus dilawan dengan data-data dan fakta. Karena sebenarnya apa yang dilakukan pemerintah tidak lain demi kebaikan bersama. Di saat konstitusi di jalankan dengan lebih baik, dan tidak ada conflict of interest dan tidak ada korupsi  di dalamnya, saya yakin kita mampu untuk merebut kembali. Selain itu, dalam negoisasi juga memerlukan power. Untuk mendukung kepentingan ini hanya mungkin kalau orang-orang yang melakukan negoisasi bersih dan tidak punya kepentingan. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir