BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Gema Hanura DKI Jakarta, Aktivis Rumah Gerakan 98
Mengatasi Petasan: Solusi Tanpa Menimbulkan Masalah Baru

Menyalakan petasan atau kembang api menjelang dan saat hari-hari besar keagamaan. merupakan suatu tradisi yang telah dilakukan oleh masyarakat. Hal itu juga dilakukan dalam kegiatan hajatan, sunatan atau pun yang lainnya, sebagai bentuk keceriaan dan kemeriahan kegiatan-kegiatan tersebut.

Dari sisi bisnis memang ini sangat menjanjikan walaupun banyak pro kontra. Akan tetapi masyarakat sering melakukan pembuatan home industri secara sembunyi, inilah yang menjadi permasalahan.

Seharusnya pemerintah lebih tegas dan fleksibel dalam membuat perundang-undangan dengan meninjau aspek keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan bisnis petasan tersebut.

Dalam ruang lingkup wilayah Provinsi DKI Jakarta, saya pribadi lebih setuju jika Pemda DKI Jakarta membuat suatu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang hanya khusus memproduksi petasan atau mercon ini. BUMD tersebut nantinya bisa menaungi atau memproduksi petasan secara baik dan benar sesuai standar aman produksi petasan atau mercon untuk kepentingan hari-hari raya. 

Selain itu BUMN tersebut bisa dijadikan ladang pemasukan untuk penambahan APBD DKI Jakarta, juga membuka lapangan kerja atau mengkaryakan atau memberikan warga masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Tentunya jika itu semua bisa berjalan sebagaimana mestinya, pengurangan pengangguran akan menjadi nilai plus. Tetapi tetap harus memperhatikan keselamat lingkungan serta AMDAL di DKI Jakarta. Dengan demikian, pemerintah telah menyelesaikan dua masalah sekaligus, tanpa menciptakan masalah baru. (ast)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

FOLLOW US

Kebijakan Itu Sah-sah Saja, Selagi Pemerintah Bisa Tanggungjawab             Kegalauan Anies, Lahirkan Kebijakan Itu             Bukan Sekadar Buat Aturan, Tapi Bangkitkan Rasa Kepedulian              Tidak Ada Alasan Mengabaikan Putusan MK             Keputusan KPU Mengembalikan DPD Khittahnya             Awasi Distribus Beras dengan Benar!             Koordinasi dan Komunikasi Menko Perekonomian Buruk              Bersaing dulu di ASEAN             Harus Ada Transformasi Struktural Industri              Tingkatkan Daya Saing Produk Kita