BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Depag
Menekan Perkawinan Anak

Langkah-langkah menekan perkawinan anak sebagai berikut:

1. Izin kawin dari orang tua bagi anak yang belum mencapai usia 21 harus disertai dengan persetujuan dari seluruh anggota keluarga inti yang dibuktikan dengan menandatangani surat pernyataan persetujuan.

2. Permohonan dispensasi pengadilan bagi anak yang belum mencapai usia 19 tahun (laki-laki) atau 16 tahun (perempuan) harus melampirkan surat rekomendasi kesehatan reproduksi dan kesehatan mental dari Kementerian Kesehatan serta rekomendasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa anak yang bersangkutan masih tetap dapat melanjutkan sekolah, serta rekomendasi dari instansi/lembaga lain yang dibutuhkan.

3. Yang bersangkutan wajib mengikuti bimbingan perkawinan secara tatap muka.

4. Setelah menikah, pasangan tersebut wajib mengikuti sesi bimbingan dan konseling yang disediakan oleh pemerintah selama 5 tahun pertama perkawinannya. Ini akan dilaksanakan oleh KUA di seluruh tanah air.

Selain menambah berat persyaratan, regulasi tersebut juga memberi afirmasi wajib belajar 12 tahun serta kampanye dan promosi pendewasaan usia kawin 21 tahun melalui sosialisasi atau PSA (iklan layanan masyarakat).

Upaya penyusunan regulasi tersebut sama sekali tidak dimaksudkan sebagai pengganti upaya judicial review yang menghendaki perubahan UU Perkawinan terkait batas usia kawin. Justru ini merupakan langkah taktis percepatan pencegahan kawin anak, di tengah tudingan berbagai pihak bahwa pemerintah seperti kurang perhatian terhadap isu tersebut. (fai)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional