BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Depag
Menekan Perkawinan Anak

Langkah-langkah menekan perkawinan anak sebagai berikut:

1. Izin kawin dari orang tua bagi anak yang belum mencapai usia 21 harus disertai dengan persetujuan dari seluruh anggota keluarga inti yang dibuktikan dengan menandatangani surat pernyataan persetujuan.

2. Permohonan dispensasi pengadilan bagi anak yang belum mencapai usia 19 tahun (laki-laki) atau 16 tahun (perempuan) harus melampirkan surat rekomendasi kesehatan reproduksi dan kesehatan mental dari Kementerian Kesehatan serta rekomendasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa anak yang bersangkutan masih tetap dapat melanjutkan sekolah, serta rekomendasi dari instansi/lembaga lain yang dibutuhkan.

3. Yang bersangkutan wajib mengikuti bimbingan perkawinan secara tatap muka.

4. Setelah menikah, pasangan tersebut wajib mengikuti sesi bimbingan dan konseling yang disediakan oleh pemerintah selama 5 tahun pertama perkawinannya. Ini akan dilaksanakan oleh KUA di seluruh tanah air.

Selain menambah berat persyaratan, regulasi tersebut juga memberi afirmasi wajib belajar 12 tahun serta kampanye dan promosi pendewasaan usia kawin 21 tahun melalui sosialisasi atau PSA (iklan layanan masyarakat).

Upaya penyusunan regulasi tersebut sama sekali tidak dimaksudkan sebagai pengganti upaya judicial review yang menghendaki perubahan UU Perkawinan terkait batas usia kawin. Justru ini merupakan langkah taktis percepatan pencegahan kawin anak, di tengah tudingan berbagai pihak bahwa pemerintah seperti kurang perhatian terhadap isu tersebut. (fai)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan