BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Kolumnis, Pemerhati Sosial
Memimpin dengan Prinsip Pokok Kepemimpinan Universal

Kepala daerah yg sukses (beroleh pengakuan dan simpati rakyat) umumnya memegang prinsip pokok kepemimpinan universal yang fokus pada Standar Pelayanan Minimal (SPM).

SPM ini mencakup: (1) penyediaan pendidikan berkualitas; (2) pelayanan kesehatan (termasuk pemenuhan gizi dan sanitasi yang baik); dan (3) akses yang luas untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan dasar (basic needs) yang menjadi indikator penting keberhasilan pemimpin daerah dan sekaligus merupakan prasyarat pokok kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Pemimpin daerah yang fokus pada tiga kebutuhan dasar itu paham benar bagaimana mengaktualisasi kepemimpinan dan mengangkat derajat rakyatnya.

Otonomi merupakan daya ungkit untuk menggali potensi daerah berdasarkan keunggulannya masing-masing. Pemimpin daerah yang terpilih dan didukung rakyat sudah semestinya mengusung aspirasi rakyat dan mendayagunakan potensi rakyatnya untuk mendorong perbaikan pada aspek utama kualitas hidup yakni pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Dalam menggalang potensi ekonomi setempat, harus dihindari pola sub-ordinasi yang menempatkan rakyat hanya sebagai produsen atau konsumen belaka. Rakyat harus menjadi subjek utama, pelaku terpenting dalam sistem produksi dan tataniaga.

Apa yang dilakukan Bupati Kulonprogo, Bantaeng, dan Bojonegoro dengan menciptakan pola kemitraan dengan pengusaha besar dan industri modern, hakikatnya menempatkan rakyat dalam bargaining position yang setara dengan pemodal. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional