BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)
Memerangi Hambatan Struktural Birokratik

Birokrasi Indonesia masih membawa sisa watak Repressive Developmentalist Regime  yang mengandalkan rente ekonomi dan komersialisasi jabatan. Jadi memang harus ada aksi “Saber” pungli untuk jasa publik service agar tidak membebani daya saing ekonomi.

Kebijakan yang tidak business friendly  bersaing dengan negara tetangga.  Jika birokrat RI tidak efisien tapi malah nenghambat, maka pasti daya saing Indonesia Inc. merosot.

Saya kira Presiden Jokowi sadar akan mental oligarki dwifungsi penguasa-pengusaha. Karena itu langkah melabrak korupsi di semua lini dilakukan agar efisiensi penggunaan modal yang ditambahkan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara atau ICOR (Incremental Capital Output Ratio - Rasio Tambahan Modal atas Pengeluaran) kita, bisa turun dari 6'4 sekarang ini.

Infrastruktur adalah prioritas utama seperti riwayat Eropa, Amerika Serikat, Jepang dan China. Semua prioritas dilakukan agar pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh 7 persen per tahun dan bisa doubling income dalam 7 tahun.

Secara matematis ekonomis, proyeksi optimistis RI sebagai negara dengan perekonomian terbesar nomor 4 sedunia pada 2045 realistis. Tentu saja tidak berlaku untuk oposisi yang selalu kritis terhadap incumbent

Jadi kesimpulannya, memang birokrat warisan Orde Baru masih sangat mengecewakan. Tapi regenerasi suksesi dan remunerasi yang membaik sekarang ini diharapkan dapat mewujudkan revolusi mental, terutama dengan panutan terhadap  leadership by example  oleh presiden Jokowi sendiri. (Pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional