BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Peneliti Senior Puspol Indonesia, Analis Geopolitik
Memahami Semangat Heroik Lewat Ilustrasi Militer

Ilustrasi heroisme sangat mudah dipahami jika digambarkan dengan situasi atau tokoh yang terlibat dalam peperangan. Hampir semua deskripsi hero yang sangat akrab dalam alam sadar kita tervisualkan dengan; ksatria, gagah, berani, jago perang, dan berani mati dalam membela nilai-nilai kebenaran.

Jadi tanpa bermaksud tidak setuju dengan pendapat redaksi, sekadar menggambarkan situasi umum termudah untuk mengingatkan semangat heroisme, lalu dikaitkan dengan nasionalisme yang patriotik sesuai dengan situasi peperangan.

Namun akhirnya, memang terlihat kelewat batas ilustrasinya. Pada era Orde Baru (Orba) sangat mudah bagi militer untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP). Sedangkan banyak dari kalangan sipil yang jelas kontribusinya dalam membangun tanah air setelah Proklamasi, sangat sulit untuk dimakamkan di sana.

Selain tempat dimuliakannya para tokoh atas jasa-jasanya terhadap tanah air, tokoh yang dimakamkan di TMP juga diharapkan menjadi inspirasi bagi mereka yang masih hidup. Tujuannya agar mereka yang masih hidup bisa meneruskan perjuangan yang belum selesai.

Akhirnya, memang perlu ada reinterprestasi dalam mengilustrasikan makna sebenarnya nasionalisme dan patriotisme sejati. Meredefinisi arti pahlawan bagi negeri. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF