BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Sepakbola
Liga Spanyol Akan Turun Pamor Tanpa Barcelona

Banyak kasus yang menunjukkan sepak bola tak bisa dilepaskan dari politik. Begitu juga sebaliknya. Hal itu juga akan terjadi pada Barcelona. Jika saja rakyat Catalonia resmi berpisah dari Spanyol, maka Barcelona akan menghadapi masalah yang pelik.

Dalam kasus Barca, tak ada yang mudah seperti halnya memilih pasangan hidup. Semuanya harus jelas. Hitung-hitungan di atas kertas, bisa saja Barcelona pindah ke liga lain seperti halnya yang terjadi di Ligue 1 atau Premier League. Dua kompetisi itu ‘disusupi’ kontestan dari negara lain.

Akan tetapi bukan itu persoalannya. Barcelona adalah Barcelona, salah satu tim terbaik dunia. Mereka juga tim kaya raya. Jika saja berpisah dengan Divisi Primera la Liga, dipastikan bobot kompetisi strata atas Spanyol itu akan turun drastis. Tingkat kemenarikannya akan berkurang jauh.

Praktis, Madrid akan melenggang sendirian. Tak ada lagi klub yang berada selevel dengan Madrid. Kelas tim tenar seperti Atletico Madrid, Valencia, Sevilla kadang mengejutkan. Tapi soal konsistensi, mereka jauh di bawah Madrid.

Idem ditto kasusnya dengan Barca jika saja bergabung di kompetisi internal Catalonia yang baru. Barca terlalu tinggi kelasnya. Tak ada tim-tim lain di Catalonia yang levelnya sama dengan El Barca. Tak hanya itu, jika itu terjadi, alamat Barca akan kehilangan tajinya. Belum tentu pemain-pemain seperti Lionel Messi, Ivan Rakitic, Luis Suarez, Javier Mascherano, mau bermain di liga baru.

Sekali lagi, kasus Barca memang pelik. Sekarang tinggal orientasinya, mau mempertahankan idealisme sebagai negara baru dan kompetisi yang baru pula, atau mempertahankan pada hegemoni sebagai tim elite dunia. Masing-masing ada harga mahal yang pantas dibayar. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)