BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Akademisi, Pengamat Kebijakan Publik Universitas Tadulako
Langkah PKS di Oposisi Perlu Diapresiasi

Langkah PKS di Oposisi Perlu DiapresiasiSikap politik PKS untuk berada di dalam oposisi patut hargai. Hal ini bisa dikatakan PKS sebagai partai penyeimbang untuk senantiasa mengontrol partai penguasa. Meskipun nantinya diperhadapkan dengan berbagai konsekuensi politik.

Kita berharap dengan keinginan PKS untuk berada dalam oposisi tidak terjadi fragmentasi internal partai. Karena ini justru nantinya akan melemahkan PKS untuk melakukan control terhadap partai penguasa. Polarisasi bisa saja terjadi pada setiap parpol karena mereka didorong dengan berbagai kepentingan.

Menurut pengamatan saya, selama periode 5 tahun PKS berada di luar pemerintahan cenderung  peran controlnya terhadap partai penguasa belum maksimal. Hal ini karena masih terjadi friksi di internal PKS.

Sikap PKS yang memiliki integritas untuk tetap berada dalam oposisi patut diberi apresiasi  meskipun tidak mendapat apa-apa. PKS juga memiliki fatsun politik yang cukup tinggi. Meskipun secara teori politik, pilihan ini terkesan kurang tepat. Misal Partai Demokrat dan PAN tetap merapat ke Jokowi, maka kekuatan politik oposisi akan semakin melemah. (mkn)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional