BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
 Pengamat Kebijakan Publik/ Anggaran
Konsolidasi Lintas Kementerian

Jaminan tidak sebatas jaminan yang hanya disampaikan, namun membutuhkan komitmen yang pasti, bisa berupa surat keputusan atau apapun kebijakan untuk memperkuat statemen yang disampaikan. Karena dalam hal ini tidak bisa bersifat parsial dalam memahami kenaikan beberapa bahan karena membutuhkan koordinasi dan konsolidasi dalam segala aspek, terutama dengan para produsen/corporate. Apalagi rupiah melemah saat ini dan kemungkinan akan bertahan atau bahkan bisa naik yang akan menyebabkan para produsen akan menaikkan harga barang.

Harga barang naik karena masih banyak barang mentah atau konsumsi dasar kita yang diimpor. Asumsi saya bahwa menjelang lebaran daya beli masyarakat akan stag/tidak akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan di tengah kebijakan kenaikan listrik dan pajak. Sekali lagi, jika memang Kemendag sudah berjanji dan menjamin tidak ada kenaikan, sebaiknya sesegera mungkin melakukan koordinasi dan konsolidasi degan kementerian terkait, dan membuat kebijakan secara tertulis sebagai bentuk jaminan yang ditetapkan oleh presiden agar daya beli masyarakat bertahap mengalami kenaikan. 

Untuk jangka panjang sebaiknya melakukan review kebijakan mengenai kenaikan TDL dan pajak. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan