BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lembaga untuk Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran (LETRAA)/Pemerhati Kebijakan Publik
Konsolidasi Lintas Kementerian

Jaminan tidak sebatas jaminan yang hanya disampaikan, namun membutuhkan komitmen yang pasti, bisa berupa surat keputusan atau apapun kebijakan untuk memperkuat statemen yang disampaikan. Karena dalam hal ini tidak bisa bersifat parsial dalam memahami kenaikan beberapa bahan karena membutuhkan koordinasi dan konsolidasi dalam segala aspek, terutama dengan para produsen/corporate. Apalagi rupiah melemah saat ini dan kemungkinan akan bertahan atau bahkan bisa naik yang akan menyebabkan para produsen akan menaikkan harga barang.

Harga barang naik karena masih banyak barang mentah atau konsumsi dasar kita yang diimpor. Asumsi saya bahwa menjelang lebaran daya beli masyarakat akan stag/tidak akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan di tengah kebijakan kenaikan listrik dan pajak. Sekali lagi, jika memang Kemendag sudah berjanji dan menjamin tidak ada kenaikan, sebaiknya sesegera mungkin melakukan koordinasi dan konsolidasi degan kementerian terkait, dan membuat kebijakan secara tertulis sebagai bentuk jaminan yang ditetapkan oleh presiden agar daya beli masyarakat bertahap mengalami kenaikan. 

Untuk jangka panjang sebaiknya melakukan review kebijakan mengenai kenaikan TDL dan pajak. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional